Share

Yuk Mengenal Arti RON BBM Kendaraan dan Daftarnya di Indonesia

Kurniawati Hasjanah, Okezone · Jum'at 09 September 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 52 2663203 yuk-mengenal-arti-ron-bbm-kendaraan-dan-daftarnya-di-indonesia-CBAlWbJTXu.jpg Ilustrasi bbm (dok Freepik)

BEBERAPA pengendara mungkin belum memahami arti RON bahan bakar minyak (BBM) kendaraan saat memilih mengisi bensin.

Lantas apa arti RON BBM kendaraan? Bagaimana daftar RON di Indonesia?

Melansir laman resmi Daihatsu, kandungan bahan bakar minyak atau BBM untuk kendaraan memikiki nilai oktan tertentu atau biasa dikenal dengan singkatan RON BBM.

RON merupakan kepanjangan dari Research Octane Number. RON menjadi patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan.

Angka RON menunjukkan tingkat ketukan atau banyaknya ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar kendaraan saat pembakaran.

Sederhananya, RON menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan di ruang bakar kendaraan.

BBM oktan tinggi (RON tinggi) memiliki kualitas yang lebih baik dibanding oktan yang lebih rendah.

Meski begitu bensin oktan tinggi belum tentu mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan. Ini karena performa mesin tidak hanya dipengaruhi penggunaan bahan bakar.

BBM di Indonesia terdiri dari beberapa tingkat RON sebagai berikut:

1. Pertalite (RON 90)

Pertalite yang memiliki oktan 90 paling banyak digunakan di Indonesia karena memang RON pada BBM jenis ini dianggap paling sesuai dengan kebanyak mobil. Pertalite cocok digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1.

infografis

2. Pertamax (RON 92)

BBM jenis Pertamax ini sangat cocok dengan kendaraan-kendaraan keluaran terbaru yang memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1, atau kendaraan dengan teknologi Electronics Fuel Injection (EFI).

Pembakaran BBM RON 92 tersebut lebih sempurna karena mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air.

BBM RON 92 yang di Indonesia dinamai Pertamax, memiliki ecosave technology yang berfungsi membersihkan bagian dalam mesin (detergency). Kemudian juga dilengkapi pelindung karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar, dan ruang bahan bakar.

3. Pertamax Turbo (RON 98)

Pertamax Turbo dikembangkan untuk kebutuhan mesin mobil berteknologi tinggi.

BBM jenis ini pertama kali diluncurkan pada Agustus 2016 di arena balapan Lamborghini, Belgia. BBM RON 98 tersebut masuk Indonesia pada 2018.

Pertamax Turbo cocok untuk mobil dengan rasio kompresi 11:1 sampai 13:1, yang biasa pada mobil sport, mobil premium, alias mobil performa tinggi.

Pertamax Turbo memiliki tingkat RON BBM tertinggi di Indonesia.

Menggunakan BBM oktan tinggi ini membuat mobil semakin lincah, torsi yang dihasilkan lebih tinggi, kecepatan meningkat, tenaga mesin semakin kuat, dan pembakaran BBM pada mesin lebih sempurna.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini