Share

Cara Mudah Jaga Komponen Rem Mobil Agar Putarannya Lancar

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 08 September 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 08 52 2663549 cara-mudah-jaga-komponen-rem-mobil-agar-putarannya-lancar-ITex16qGak.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

PENGENDARA wajib mengetahui cara mudah jaga komponen rem mobil biar putarannya lancar dan hemat bahan bakar.

Rem mobil tidak terawat membuat bahan bakar lebih boros.

Salah satu komponen terpenting pada mobil adalah rem. Sebagai pengendara pasti sering menggunakan komponen ini menghentikan kendaraan ketika sedang melaju di jalanan.

infografis

Meski sering digunakan bukan berarti rem tidak memerlukan perawatan supaya tetap awet dan menjaga performa kendaraan.

Apalagi saat ini kenaikan BBM menjadi isu utama ditengah masyarakat.

Sebagai pengendara tentunya harus merawat setiap komponen mobil untuk menekan anggaran yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki mobil.

Rem yang tidak dirawat dengan baik akan mengalami berbagai masalah ketika berkendara.Salah satu contohnya adalah masalah pada cakram rem yang mengakibatkan kampas rem tidak bisa kembali ke sisi semula.

Oleh karena itu perhatikan cara mudah jaga komponen rem mobil biar putarannya lancar seperti di bawah ini.

Asli Gunakan Suku Cadang

Gunakan suku cadang asli sesuai rekomendasi untuk mobil anda. Penggunaan suku cadang asal atau tidak sesuai mengakibatkan terkikisnya disc brake.

Jauhkan Mobil dari Lintasan yang Terdapat Genangan Air atau Lumpur

Lintasan yang terdapat genangan air dan lumpur akan menempel pada komponen rem. Rem menjadi kotor dan sulit dan harus melakukan tarikan lebih dalam.

Ganti Minyak Rem Secara Berkala

Merawat rem kendaraan dapat dilakukan dengan konsisten mengganti minyak pada rem. Daya putar dan pengereman akan semakin lancar tanpa hambatan. Tanda bahwa minyak rem anda sudah harus diganti ketika injakan pedal rem sudah tidak lagi konsisten.

Hindari Menginjak Pedal Rem Bersamaan dengan Pedal Gas

Menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan ternyata menjadi faktor rusaknya bagian transmisi. Karena mendapat tekanan dari pedal gas membuat kopling kendaraan terus berputar. Tapi disisi lain gerak kopling tertahan akibat diinjaknya pedal gas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini