Share

Kenali 5 Ciri-Ciri Mobil Bekas Tabrakan, Jangan Sampai Tertipu saat Membeli

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 11 September 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 52 2664520 kenali-5-ciri-ciri-mobil-bekas-tabrakan-jangan-sampai-tertipu-saat-membeli-5I0lzM0PvH.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KETAHUI ciri-ciri mobil bekas tabrakan agar Anda tidak tertipu dan menyesal setelah membelinya. Mobil bekas menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang belum mampu membeli mobil baru. Dengan harga miring, maka keinginan punya mobil bisa tercapai.

Tapi, membeli mobil bekas harus jeli. Jangan sampai membeli mobil yang akhirnya akan menimbulkan banyak “PR” lagi yang menguras biaya lagi untuk perbaikan. Apalagi kalau sampai dapat mobil bekas tabrakan, tentu saja bisa jadi masalah kemudian hari.

Mobil bekas tabrakan tentu akan membuat berkendara kurang nyaman dan waktu menjualnya nanti bakal anjlok drastis harga.

 BACA JUGA:5 Daftar Mobil Bekas yang Paling Banyak Dicari Saat Ini, Nomor 3 Primadona Banget

Nah, jika mau membeli mobil bekas, ada baiknya kenali dulu ciri-ciri mobil bekas tabrakan sebagai berikut.

1. Warna cat yang tidak senada

Mobil asli pabrikan biasanya akan menggunakan warna cat yang senada dan tidak belang. Jika Anda menjumpai mobil bekas yang di bagian tertentu memiliki warna yang tidak senada atau belang, Anda wajib curiga.

Beberapa bagian mobil yang dimaksud antara lain ada di fender yang memiliki warna sama seperti bodi mobil, padahal umumnya memiliki warna kecoklatan karena kotor. Selain itu, ruang mesin mobil memiliki warna yang terlihat baru, warna baut yang tertutup cat, warna pintu, bagasi, dan dek bagian bawah juga bisa memiliki warna yang berbeda.

 

2. Mobil terlihat tidak simetris

Mobil yang belum pernah mengalami kecelakaan memiliki bagian yang tampak simetris. Berbeda dengan mobil yang pernah mengalami kecelakaan, biasanya mobil ini tampak tidak simetris. Anda bisa membandingkan sisi kanan dan sisi kiri mobil, atau sisi depan dan sisi belakang mobil untuk mengetahuinya.

 BACA JUGA:Tips Agar Mobil Bekas Laku dengan Harga Tinggi dan Lulus Inspeksi, Bisa Untung Banyak

3. Adanya bekas las pada rangka mobil

Mobil yang mengalami kecelakaan biasanya akan menyebabkan kerusakan pada kerangkanya, sehingga untuk memperbaiki kerusakan tersebut akan dilakukan las.

Untuk itu, Anda harus jeli dan teliti dalam mengamati mobil bekas. Apakah ada bekas las pada kerangka mobil. Biasanya ada di bagian kolong

4. Bingkai pintu yang tidak presisi

Kerusakan pada mobil yang mengalami kecelakaan bisa berdampak pada bingkai pintu mobil. Untuk mengeceknya, Anda bisa mencoba membuka dan menutup pintu mobil beberapa kali. Cara ini dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah bingkai mobil masih kuat menahan daun pintu.

Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya dengan cara melihat kestabilan daun pintu mobil saat terbuka maupun tertutup.

5. Terasa tidak stabil saat dikendarai

Sebelum membeli mobil bekas, cobalah untuk melakukan test drive. Mobil bekas kecelakaan biasanya terasa tidak stabil saat dikendarai, apalagi saat kecepatan menengah hingga tinggi. Anda akan paham ketika pada kecepatan 40-60 km/h mobil terasa aneh.

Demikian ciri-ciri mobil bekas tabrakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini