Share

Ratu Elizabeth II Penggemar Otomotif, Bebas Nyetir Mobil Meski Tak Punya SIM

Fadli Ramdan, MNC Portal · Sabtu 10 September 2022 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 86 2664435 ratu-elizabeth-ii-penggemar-otomotif-bebas-nyetir-mobil-meski-tak-punya-sim-POy1U59rOY.jpg Ratu Elizabeth II (Reuters)

RATU Elizabeth II meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia, pada Kamis 8 September 2022 waktu Inggris. Pemimpin Kerajaan Inggris Raya ini mangkat dalam usia 96 tahun setelah 70 tahun bertahta.

Ada banyak cerita menarik tentang Ratu Elizabeth II, terutama kecintaannya terhadap dunia otomotif. Bahkan, di usianya yang sudah senja, ia kerap berpergian tanpa sopir.

Ratu Elizabeth II diyakini satu-satunya warga Inggris Raya yang tak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tapi ia dibebaskan untuk menyetir mobil. Sering tertangkap kamera, Ratu Elizabeth II kerap mengendarai mobilnya sendiri tanpa pengawal di sampingnya.

Meski usianya sudah tak muda lagi, keandalannya dalam mengemudi tak perlu diragukan. Hal itu ternyata berawal dari sejarah panjang ketika Ratu Elizabeth II masuk dalam divisi Womenโ€™s Auxiliary Territorial Service pada Perang Dunia Kedua.

Ilustrasi

Seperti dikutip dari Insider, pada usia 18 tahun Ratu Elizabeth II bergabung dengan ATS dan belajar jadi mekanik serta mengendarai truk. Untuk lulus, King George VI memastikan putrinya tidak mendapatkan perlakukan khusus.

Pada akhir perang, Ratu Elizabeth II menyelesaikan kursusnya di Pusat Pelatihan Perang No.1 ATS, dan sepenuhnya menjadi pengemudi yang memenuhi syarat. Sejak saat itu, sang Putri tak membutuhkan SIM untuk mengendarai mobil.

Padahal, Ratu Elizabeth II memiliki sejumlah staf kerajaan untuk mengantarnya ke tujuan yang dipilih. Sang Putri hanya perlu duduk di kursi penumpang hingga sampai di tempat yang dituju.

Meski sering mengendarai mobil sendiri, Ratu Elizabeth II tak pernah diminta untuk mengikuti tes mengemudi. Tak seperti warga Inggris lainnya yang harus lolos ujian jika ingin mendapatkan SIM.

Selama bertahun-tahun, Ratu Elizabeth II juga sering terlihat menyetir sendiri di kawasan Balmoral, Skotlandia, dan acara-acara khusus Kerajaan Inggris. Tak main-main, mobil yang dikendarainya juga Range Rover yang masuk dalam kategori SUV besar.

Selain diizinkan mengemudi tanpa SIM, Ratu Elizabeth II juga diperkenankan untuk mengendarai mobil tanpa pelat nomor. Rekam jejak dan kontribusinya membuatnya mendapatkan keistimewaan dari Kerajaan Inggris.

Meski memiliki keturunan kerajaan, anggota keluarga lain di Kerajaan Inggris tak mendapatkan keistimewaan tersebut. Lahir di era yang lebih modern dan aman dari perang, seluruh anggota harus memiliki SIM jika ingin mengendarai mobil atau motor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini