Share

Tak Pakai Bensin, Mobil Raja Charles III Diisi Keju dan Wine

Fadli Ramdan, MNC Portal · Minggu 11 September 2022 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 86 2665136 tak-pakai-bensin-mobil-raja-charles-iii-diisi-keju-dan-wine-h4EANoxxzy.jpg Mobil Raja Charles III Gunakan Wine dan Keju (dok Ist/BBC)

LONDON - Raja Charles III merupakan seseorang yang sangat mencintai dunia otomotif. Ha ini terlihat dari serangkaian koleksi mobil yang sangat langka dan bernilai ratusan miliaran rupiah.

Tapi,  Charles memiliki mobil yang sangat unik dan juga menjadi kesayangannya. Mobil tersebut adalah Aston Martin DB MKII Volante yang tak menggunakan bahan bakar minyak (BBM) seperti mobil-mobil saat ini.

Bahkan, mobil tersebut tidak ditenagai oleh baterai dan juga bukan hybrid, melainkan digerakkan oleh sisa pengolahan keju dan wine. Ini diungkapkan langsung oleh Pangeran Charles kepada BBC.

Charles memang seseorang yang sangat memperhatikan isu perubahan iklim yang semakin memburuk saat ini. Oleh karena itu, ia memiliki cara sendiri untuk mengkonversi mobilnya dengan menenggak bioethanol yang terbuat dari keju dan wine.

 infografis

“Mobil Aston Martin tua saya berjalan dengan menggunakan limbah. Percayakah Anda itu digerakkan dengan anggur putih Inggris dan whey sisa dari proses pembuatan keju,” kata Charles kepada BBC.

Secara teknis, Aston Martin DB MKII Volante milik Charles tetap menggunakan bensin sebanyak 15%, dan sisanya bioethanol yang disebut E85. Ini memungkinkan mesin dapat memiliki pembakaran yang sempurna dengan emisi yang sangat kecil.

Ide itu muncul pada 2008, ketika  Charles melihat sisa proses pembuatan keju dan wine sangat meilmpah di Inggris.

Pada awalnya, para mekanik Aston Martin meragukan gagasan Pangeran Charles untuk membuat mesin bekerja dengan keju dan wine. Tapi, Charles mengancam tidak akan mengendarai mobil itu dan hal tersebut memicu para insinyur Aston Martin bekerja keras.

“Pada insinyur Aston mengatakan, ‘Oh, itu akan merusak segala hal’,” ujar Pangeran Charles ketika menyampaikan gagasannya.

“Saya mengatakan, ‘Kalau begitu saya tidak ingin mengendarainya’. Jadi, mereka mulai mengerjakannya dan sekarang mereka membuktikan mobil ini bisa berjalan dengan baik dan lebih bertenaga. Baunya juga lebih enak ketika dikendarai,” ungkapnya.

Aston Martin DB MKII Volante masih dikendarai oleh Pangeran Charles hingga saat ini untuk bepergian dan menyapa rakyat Inggris karena atap yang bisa terbuka. Mobil ini juga merupakan hadiah dari Ratu Elizabeth II pada ulang tahun ke-21 Pangeran Charles.

Selain itu, mobil ini juga pernah digunakan oleh Pangeran William dan Kate Middleton pada momen pernikaan untuk berkendara dari Istana Buckingham ke Clarence House pada 2011 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini