Share

Kenapa Bus Jarang Matikan Mesin ketika Isi BBM? Ternyata Ini Jawabannya!

Fadli Ramdan, MNC Portal · Selasa 13 September 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 52 2665456 kenapa-bus-jarang-matikan-mesin-ketika-isi-bbm-ternyata-ini-jawabannya-GXGrOLGmX8.jpg Ilustrasi bus (freepik)

PERNAHKAH kamu berpikir kenapa bus jarang matikan mesin ketika isi bahan bakar minyak (BBM)? Kira-kira apa alasannya?

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengungkapkan beberapa alasan mengapa bus tidak mematikan mesin saat mengisi BBM, terutama bus AC. Menurutnya, bus yang menggunakan BBM jenis solar jauh lebih aman dibandingkan mobil bensin.

“Alasan yang paling umum itu agar penumpang tidak engap. Kalau bus AC dimatikan mesinnya, otomatis AC juga dimatikan, meski hanya 30 menit pasti akan terasa panas dan engap di dalam kabin,” kata pria yang akrab disapa Sani itu saat dihubingi MNC Portal.

infografis

“Berbeda dengan bus yang tidak menggunakan AC. Biasanya busnya ada jendela yang bisa dibuka jadi udara bisa masuk. Kalau bis AC jendelanya tertutup semua. Intinya ini untuk kenyamanan penumpang.”

Untuk risiko terjadinya kebakaran, Sani juga merasa mesin bus yang menyala sangat kecil kemungkinannya untuk menjadi pemicu penyebab kebakaran. Ada bebeberapa hal yang memperkuat itu, tapi Sani juga tak mengatakan tak bisa terjadi kebakaran.

“Bus ini kan menggunakan mesin diesel yang cara kerjanya itu memanfaatkan tekanan udara, berbeda dengan mobil bensin yang menggunakan pemantik api. Jadi, menurut saya ini lebih aman saat mesin tidak dimatikan,” ujar Sani.

“Selain itu, bus di era modern ini mesinnya di belakang dan tangki bahan bakar ada di depan atau tengah. Jaraknya cukup jauh jadi aman saat pengisian BBM.

“Meski mesin di depan, tangkinya itu ada di tengah dan cukup jauh dari mesin. Saya rasa itu sangat aman.”

Berdasarkan pengalamannya selama bertahun-tahun berkecimpung di dunia transportasi darat, khususnya bus antar pulau antar provinsi, Kurnia Lesani Adnan belum melihat adanya kebakaran di SPBU yang diakibatkan bus saat mengisi BBM dengan mesin menyala.

Menurutnya, jika tidak terjadi kecelakaan dan faktor lainnya, maka tidak akan terjadi kebakaran karena risikonya sangat kecil.

“Sejauh ini sih aman. Saya belum melihat ada bus kebakaran karena isi Solar. Mungkin jika mengisi BBM sambil merokok atau main HP itu mungkin bisa terjadi,” ucap Sani.

“Jika tidak ada kecelakaan atau pemicunya, saya rasa tidak akan terjadi kebakaran. Saya rasa bus cukup aman,” katanya memungkasi. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini