Share

Intip Spesifikasi Jaguar XF, Mobil Pembawa Jenazah Ratu Elizabeth II

Fadli Ramdan, MNC Portal · Sabtu 17 September 2022 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 17 52 2669603 intip-spesifikasi-jaguar-xf-mobil-pembawa-jenazah-ratu-elizabeth-ii-v0srVVdmMg.JPG Mobil Jaguar XF membawa jenazah Ratu Elizabeth II (drive.com.au)

RATU Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St. George di Windsor, London, Inggris, pada Senin 19 September 2022 waktu setempat. Jenazah pemimpin Kerajaan Inggris terlama sepanjang sejarah itu dibawa dengan mobil Jaguar XF.

Awalnya peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa dari Kastil Balmoral ke Edinbrugh menggunakan Mercedes-Benz E-Class. Itu merupakan mobil pabrikan asal Jerman yang membuat publik menyayangkan hal tersebut, mengingat sang Ratu yang gemar otomotif itu banyak mengoleksi mobil buatan Inggris.

Namun, sesampainya di London, peti mati jenazah Ratu Elizabeth II langsung dipindahkan ke mobil Jaguar XF yang telah diubah oleh Wilcox Limousines. Ini merupakan mobil asli asal Inggris yang memperkuat nasionalis sang Ratu di perjalanan terakhirnya.

Pemilihan mobil Jaguar juga memiliki nilai sentimentil dalam keluarga kerajaan, mengingat merek tersebut juga dipilih saat mengantarkan ibu Ratu Elizabeth II ke pemakaman pada 2002 silam, yang mana saat itu menggunakan Jaguar XJ.

Menggunakan mobil yang lebih modern, Jaguar XF yang berbasis sedan diyakini memiliki tingkat kenyamanan nomor satu. Ubahan yang dilakukan Wilcox Liomousines juga membuat mobil ini memiliki atap yang sangat tinggi dan pilar tipis.

Itu memungkinkan untuk menepatkan kaca besar pada bagian belakang untuk mengeksplor peti mati Ratu Elizabeth II. Jaguar XF juga dilengkapi dengan pencahayaan yang sangat baik sehingga peti mati sang Ratu tetap terlihat, meski dalam kondisi gelap.

Logo pada hud depan menampilkan patung gangsa bersalut perang Sr George yang membubuh seekor naga. Ini seperti yang diguakan pada Bentley State Limousine yang menjadi kendaraan dinas Ratu Elizabeth II.

Jaguar XF merupakan mobil sedan yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh Wilcox Limousines. Ini merupakan builder yang sama seperti ketika membangun Jaguar XJ untuk mendiang ibu Ratu Elizabeth II.

Mobil ini awalnya berwana silver tapi diubah menjadi warna hitam berdasarkan protokol dari Kerajaan Inggris yang memperlihatkan tanda berkabung. Oleh karena itu, terlihat pada pilar satu dan tiga terdapat wana silver.

Sedangkan dibalik kap, Jaguar XF dibekali mesin diesel L4 2.0L yang dapat menghasilkan tenaga 200 hp pada 5.500 rpm dan torsi 320 Nm pada 1.200-4.500 rpm. Mobil ini bisa mencapai kecepatan tertinggi 235 km/jam.

Ilustrasi

Seluruh tenaga itu disalirkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang dapat menempuh 0-100 km/jam hanya dalam 7,5 detik. Menggunakan sistem bahan bakar direct injection dengan kapasitas tangki sebesar 65,9 liter.

Tanpa ubahan, mobil ini dibenderol Rp1,4 miliar dengan dua opsi, mesin diesel atau bensin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini