Share

Porsche Tarik 200 Ribu Mobil, Apa Penyebabnya?

Fadli Ramdan, MNC Portal · Senin 19 September 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 52 2670167 porsche-tarik-200-ribu-mobil-apa-penyebabnya-7OEyLY3LYP.jpg Mobil Porsche (dok Porsche)

PORSCHE memutuskan untuk menarik hampir 200 ribu mobil dari berbagai model untuk membenahi masalah minor pada pencahayaan.

Pabrikan asal Jerman itu mengungkapkan mekanisme penyetelan horizontal lampu depan tidak tertutup oleh sealing cap.

Dikutip Carsccop.com, Porsche khawatir ada seorang pelanggan mereka yang secara tidak sengaja menyesuaikan mekanisme penyesuaian horizontal ke pengaturan yang tidak tepat.

infografis

Jika lampu depan tidak diatur dengan benar, maka bisa membuat silau pengendara di depan dan juga dari lawan arah.

Masalah ini juga menandakan bahwa mobil tersebut tidak memenuhi persyaratan standar federal FMVSS 108.

Porsche pertama kali menyadari masalah tersebut pada Mei 2022, ketika pabrik di Leipzig menemukan tutup segel yang hilang pada kendaraan yang diproduksi untuk pasar Kanada.

Lalu, mereka mulai menyelidiki ruang lingkup kendaraan yang terkena dampak dengan melihat catatan produksi masa lalu. Itu juga menganalisis apakah tutup segel yang hilang diperlukan untuk mencegah penyetelan lampu depan.

Untuk mengatasi masalah ini, dealer Porsche hanya akan memeriksa lampu depan kiri dan kanan. 

Jika tidak ada tutup yang terpasang, maka akan dipasang kembali. Dealer diberitahu masalah ini pada 14 September 2022, sementara pemilik diberitahu pada 29 Oktober lalu.

Infografis Mobil Termahal Dunia 2021

Demi mengatasi masalah tersebut dan memastikan mobil sepenuhnya memenuhi standar federal, Porsche memutuskan menarik 193.259 kendaraan. Model yang ditarik adalah Cayenne, Cayman S, Macan, dan Panamera yang dikeluarkan pada 2003-2020.

Sementara penyesuaian lampu depan horizontal dimungkinkan pada kendaraan yang lebih tua, itu tidak terjadi selama beberapa tahun, kata Jennifer Stockburger, Direktur Operasi di Pusat Uji Otomatis Consumer Report dilansir Consumerreports.org.

Bahkan jika tutup tidak terpasang pada tempatnya, itu bukan sesuatu yang dimaksudkan untuk disesuaikan. Hanya penyesuaian vertikal yang diperbolehkan, ucapnya

Porsche sebagai produsen mobil premium beberapa kali melakukan recall pada kendaraan mereka, meski hanya memiliki masalah kecil. Ini untuk memastikan pelanggan mereka mendapat pelayanan terbaik. (nia)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini