Share

Sejarah Zebra Cross, Fungsi, dan Aturan Pemasangannya

Rafida Ulfa, Okezone · Selasa 20 September 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 52 2670461 sejarah-zebra-cross-fungsi-dan-aturan-pemasangannya-UiQ68BMeIi.jpg Zebra Cross (dok Freepik)

BAGI pengguna jalan seringkali zebra cross dianggap sepele keberadaannya. 

Padahal zebra cross alias tempat untuk menyebrang jalan ini memiliki fungsi penting loh. 

Zebra cross mempunyai ciri berupa garis-garis putus berwarna putih yang penempatannya sejajar dengan arah penyeberangan.

Zebra cross umumnya berada di sekitar lampu lalu lintas, namun banyak juga berada di sekolah, rumah sakit, dan taman.

Zebra cross tersebar di seluruh penjuru dunia terutama di Indonesia. Sayangnya penggunaan zebra cross di Indonesia dirasa kurang maksimal.

Baik pengendara maupun pejalan kaki banyak yang menghiraukan fungsi dari zebra cross.

Kurangnya pemahaman akan fungsi zebra cross bisa menjadi penyebab penggunaannya tidak maksimal di Indonesia.

Sebagai warga Negara Indonesia kita perlu patuh terhadap aturan salah satunya mengenai marka jalan ini.

infografis

Sejarah Zebra Cross

Zebra cross pertama kali dibuat di Inggris tepatnya di Slough pada 1951. Pada dasarnya marka jalan ini dibuat karena tingkat kecelakaan kala itu cukup tinggi.

Zebra cross menjadi langkah maju dalam keselamatan para pejalan kaki. Meski pada awalnya, zebra cross diciptakan berwarna kuning dan biru. Warna tersebut menggunakan bahan dari logam. Namun sayangnya penggunaan warna kuning dan biru ternyata kurang mencolok di mata pengemudi.

Kebanyakan kasus karena kurang mencolok bagi mata pengemudi, banyak yang terlambat mengerem saat melihat tanda ini. Maka dari itu warna nya berubah jadi hitam dan putih.

Percobaan demi percobaan dilakukan oleh Pemerintah dengan memberikan penanda jalan secara berkala. Dari berbagai tes, pola garis membentang melintasi lebar jalan yang paling efektif.

Hingga pada akhirnya zebra cross diresmikan oleh politikus dan perdana menteri Jim Callaghan pada 1951. Sejak saat itulah penggunaan nama zebra cross menjadi identik hingga sekarang.

Fungsi Zebra Cross

Dilihat dari sejarah dan penjelasan mengenai marka jalan ini. Zebra cross memiliki tujuan untuk menertibkan pengendara ataupun pejalan kaki sehingga menghindari terjadinya kecelakaan. Lebih lanjut, berikut fungsi zebra cross yang harus kamu ketahui.

1. Mempermudah pejalan kaki menyeberangi jalan

Adanya marka jalan ini tentu mempermudah bagi pejalan kaki untuk menyeberang. Dengan adanya zebra cross pengemudi jadi tahu jika ada yang menyeberang. Disarankan bagi pejalan kaki untuk selalu menyeberang di atas marka jalan ini.

2. Melatih konsentrasi pengendara

Pengendara yang baik sudah pasti tahu aturan-aturan di jalan raya salah satunya zebra cross ini. Pengendara harus menurunkan kecepatan kendaraan saat mendekati zebra cross, sehingga menghindari terjadinya kecelakaan.

Aturan Pemasangan Zebra Cross

Zebra cross bukan berarti alat menyeberang jalan yang bisa dipasang dimana saja. Proses pembuatan dan peraturannya tertera pada Peratuhan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan. Berikut aturan lengkapnya.

1. Pembuatan zebra cross berada di arus lalu lintas relatif rendah

Arus relatif rendah dimaksudkan lalu lintas yang kecepatannya rendah. Misalnya seperti jalan padat merayap di perkotaan. Poin pertama ini juga sebagai keamanan untuk pengendara maupun pejalan kaki.

2. Lokasi zebra cross harus memiliki jarak pandang yang baik

Peletakan zebra cross harus di jalanan yang lurus dan tidak bergelombang sera jauh dari tikungan. Zebra cross tidak boleh ditempatkan di jalan menanjak atau menurun karena jarak pandang tentu tidak akan baik. (nia)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini