Share

5 SUV Ukuran Sedang Paling Hemat BBM, Bikin Kantong Tak Jebol

Fadli Ramdan, MNC Portal · Selasa 20 September 2022 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 52 2671091 5-suv-ukuran-sedang-paling-hemat-bbm-bikin-kantong-tak-jebol-ZvN3UtQ6Bg.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

MOBIL SUV menjadi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena memiliki kapasitas yang besar.

Tapi, mobil-mobil SUV biasanya dibekali mesin besar dan membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai performa yang diinginkan.

Demi memenuhi keinginan konsumen, beberapa produsen membangun SUV ukuran sedang yang dibekali mesin tak terlalu besar.

Tak menghilangkan fungsi dari mobil SUV itu sendiri, tapi konsumsi BBM bisa jauh lebih hemat.

Dikutip dari MotorBiscuit, ada mobil SUV yang memiliki tiga baris kursi yang tidak memerlukan banyak bahan bakar untuk mencapai performa tinggi. Ini deretan lima mobil SUV ukuran sedang paling hemat BBM.

1. Kia Telluride 2022

Masuk dalam segmen SUV ukuran sedang, Kia Telluride 2022 dibekali mesin besar 3.8-liter V6 yang dapat menghasilkan tenaga 291 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksima 355 Nm pada 5.200 rpm, yang disalurkan melalui Electronically-Controlled 8-percepatan otomatis Sportmatic Sports Shifter.

Berdasarkan laman resmi Kia, Telluride bisa diisi bahan bakar dengan oktan atau RON 87, yang berarti dapat menenggak Pertalite untuk produk Pertamina atau Revvo 89 milik Vivo. Tetapi, kapasitas mesin yang besar membuat mobil ini tak disarankan menggunakan bahan bakar oktan rendah.

Tapi, Kia Telluride 2022 belum dipasarkan di Indonesia karena pabrikan asal Korea Selatan itu fokus memasarkan produk mobil listrik mereka. Di Amerik Serikat, mobil ini dibanderol mulai dari USD33.390 (Rp500 juta).

infografis

2. Toyota Highlander 2022

Toyota telah memperkenalkan Highlander yang mengusung sistem hybrid dengan fitur-fitur terkini di dalamnya. Mobil SUV ini juga terlihat jauh lebih kecil dibandingkan Toyota Fortuner yang memiliki badan besar.

Di balik kap, Toyota Highlander dibekali mesin 3.5-liter V6 DOHC 24 katup D-4S yang dapat menghaslilkan tenaga 295 hp pda 6.600 rpm dan torsi maksimal 356,5 Nm pada 4.700 rpm.

AEB dan FCW menjadi standar pada Highlander, tetapi mereka yang menginginkan BSW harus memilih level trim yang lebih mahal. Sementara untuk harga, Toyota Highlander 2022 dibanderol mulai USD35.855 (Rp536,7 juta).

3. Toyota Highlander 2022 Hybrid

Untuk berkontribusi menghadirkan kendaraan netral karbon, Toyota juga menghadirkan varian hybrid untuk Highlander 2022. Ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan hemat BBM

Toyoya Highlander 2022 versi hybrid mengandalkan mesin empat silinder 2.5 liter dan dua motor listrik (tiga untuk model all-wheel-drive). Kombinasi ini bisa menghasilkan puncak torsi hingga 243 hp dan ini juga dapat membuat mobil lebih hemat BBM.

Pasalnya, mobil bisa bergerak dengan mengandalkan dua motor listrik yang membuat mesin pembakaran internal tak bekerja. Kondisi ini memungkinkan pemilik mobil dapat menghemat pegeluaran untuk membeli BBM.

Namun, Toyota Highlander 2022 Hybrid dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni kisaran USD50 ribu (Rp748,5 juta). Bukan sekadar teknologi tinggi, dari sisi keselamatan versi ini jauh lebih baik.

4. Hyundai Palisade 2022

Hyundai Palisade memang tak terlalu populer di Indonesia, dan bagi mereka yang baru melihatnya pasti akan berpikir mobil tersebut boros BBM. Tapi, mobil yang masuk segmen SUV sedang itu sangat hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Salah satu pemicu Hyundai Palisade bisa hemat BBM karena menggunakan mesin diesel yang diketahui jauh lebih hemat bahan bakar dibandingkan meisn bensin. Tapi, itu bisa menghasilkan tenaga besar, sehingga sangat cocok digunakan pada mobil besar.

Dibalik kap, Hyundai Palisade dipasang mesin R 2.2 diesel Euro4 yang dapat menghasilkan tenaga 194 PS pda 3.800 rpm dan torsi maksimum 425 Nm pada 1.750-2-750 rpm. Bahkan, bisa menggunakan Bio Solar yang kerap disebut ‘solar busuk’.

Mobil ini dilengkai dengan fitur keamanan nomor satu seperti Auto Collision Notification (CAN), SOS/Emergency Assistance, Road Side Assistance (RSA), Stolen Vehicle Immobilization, Stolen Vehicle Tracking, Stolen Vehicle Notification, dan Hyundai Blueling menjadi fitur unggulan pada mobil ini.

Mobil yang memiliki dimensi panjang 4.995 mm, lebar 1.975 dan tinggi 1.750 ini dijual mulai dari Rp842 juta untuk tipe Prime hingga Rp1,1 miliar untuk tipe Signature AWD on the road Jabodetabek.

5. Mazda CX-9

Mazda CX-9 versi terbaru menawarkan kepribadian yang menyenangkan untuk dikendarai karena sangat gesit. Masuk dalam segmen SUV, berkat desainnya yang mementingkan aerodinamis, membuat mobil ini terlihat lebih kecil.

Dibekali mesin 2.5-liter empat silinder turbocharged, Mazda CX-9 sedikit lebih boros BBM jika dibandingkan empat mobil di atas. Tapi, mobil ini menawarkan capaian torsi maksimal di rpm rendah.

Mazda CX-9 2022 FWD yang telah dilengkapi i-Activesense, 12 speaker BOSE, monitor 360 derajat, dibanderol dengan harga Rp887,7 juta on the road Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini