Share

Yuk Kepoin Tips Merawat Mobil Putih Agar Awet

Rafid Ahmad Fauzi, Okezone · Jum'at 23 September 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 87 2672508 yuk-kepoin-tips-merawat-mobil-putih-agar-awet-KIYQtSEz0w.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

 MERAWAT mobil putih tentu butuh usaha yang lebih ekstra, cat warna putih cenderung lebih sensitif dibandingkan cat warna lain.

Namun, tidak perlu khawatir karena merawat mobil putih tidak sulit jika sudang mengetahui tips nya.

Mobil putih memberikan kesan yang elegan untuk pengendara nya, maka dari itu tidak sedikit orang yang memiliki mobil berwarna putih ini.

Jika dirawat dengan seharusnya, mobil putih menjadi pusat perhatian karena sangat eye catching.

Keunggulan lain dari mobil putih dapat membuat sorot lampu mobil seperti lampu rem lebih jelas karena bersifat memantulkan cahaya.

Di daerah bersuhu tinggi, mobil putih dapat menangkal hawa panas karena memang begitulah sifat warna putih.

Meski demikian, warna putih seringkali gampang kotor.

Untuk itu, pemilik sebaiknya mengetahui beberapa tips merawat mobil putih agar awet:

1. Parkir mobil di area tertutup

Sebagai pemilik mobil berwarna putih, kamu harus memarkirkan mobil di area tertutup. Maksud tertutup yaitu tidak terkena sinar matahari langsung. Efek mobil putih menguning bisa disebabkan karena kendaraan terjemur matahari langsung.

Gunakanlah sarung mobil jika parkir di depan rumah pada siang hari, jika memiliki garasi lebih baik mobil dimasukkan saja untuk menjaganya tetap kinclong dan bersih.

infografis

2. Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung

Sebenarnya tips ini berguna untuk semua warna kendaraan, mobil putih lebih sensitif saja untuk cepat kusam atau rusak. Masyarakat Indonesia biasa mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung, dengan alasan supaya cepat mengering.

Namun cara tersebut tidak benar, lho. Sabun khusus mobil yang mengering karena sinar matahari akan menyebabkan tumbuh jamur. Cuci lah mobil di tempat yang teduh, jika tidak ada kamu bisa mencuci mobil pada terbit fajar ataupun sebelum terbenam matahari.

3. Gunakan sabun khusus

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sabun khusus mobil. Jangan gunakan sabun lain seperti sabun cuci piring, sabun cuci baju, sabun colek, dan lain-lain.

Penggunaan sabun yang tidak sesuai standar warna cat mobil hanya akan merusak cat mobil, hal ini berlaku untuk semua warna kendaraan.

4. Gunakan teknik mencuci yang benar

Pemilik kendaraan biasanya hanya mencuci mobil tanpa memikirkan teknik yang benar. Namun, penggunaan teknik mencuci juga penting untuk menjaga usia warna putih pada mobil.

Tekniknya yaitu membilas mobil satu arah dari bagian bodi atas hingga bawah, agar tidak ada kotoran yang menyangkut pada bagian celah mobil.

Selain itu, kamu tidak boleh membiarkan sabun mengering pada bodi mobil. Segera bilas sabun mobil agar tidak timbul jamur jika sudah mulai mengering.

5. Gunakan lap microfiber dengan daya serap yang baik

Setelah mencuci dan membilas mobil, kamu harus menggunakan lap agar mobil cepat kering.

Gunakanlah kain lap yang lembut dan memiliki daya serap yang baik.

Jangan mengeringkan kendaraan dengan sinar matahari karena akan meninggalkan bercak air yang mengering.

Bercak yang mengering hanya akan membuat cat mobil rusak.

Pengguna mobil putih harus peka terhadap yang kecil ini, ya.

6. Lakukan Pemolesan

Untuk usia mobil yang sudah bertahun-tahun mencuci mobil saja tidak cukup, kamu sekali-kali harus melakukan pemolesan pada mobil agar kembali cerah dan berkilau. Pemolesan juga dapat menghilangkan jamur.

Kamu bisa pergi ke bengkel resmi terdekat, jika memiliki waktu luang kamu bisa melakukannya sendiri untuk menghemat biaya.

Demikian beberapa tips merawat mobil putih agar awet. Lakukan seluruh tips dengan cara yang benar, ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini