Share

8 Karoseri Bus Terbaik dan Paling Terkenal di Indonesia

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 24 September 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 52 2673299 8-karoseri-bus-terbaik-dan-paling-terkenal-di-indonesia-Lz0FGKgOWH.jpg Ilustrasi bus (dok Freepik)

TERDAPAT delapan karoseri bus terbaik dan paling terkenal di Indonesia yang tak banyak orang tahu.

Karoseri atau Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang dibangun di atas rangka mobil atau sasis khusus bus ataupun truk.

Di Indonesia ada beberapa karoseri bus terbaik yang kerap menjadi langganan PO bus terkenal. Umumnya, karoseri ini menawarkan desain yang menarik, nyaman dan aman selama perjalanan.

Lantas, apa saja karoseri bus terbaik dan paling terkenal di Indonesia? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini.

8 Karoseri Bus Terbaik dan Paling Terkenal di Indonesia

Adi Putro

Nama Adi Putro tentu tak asing lagi di telinga pecinta otomotif. Karoseri asal Malang, Jawa Timur ini diketahui telah eksis sejak 1973.

Karoseri pemilik nama besar ini berkat keahliannya memproduksi bus dengan desain menarik. Tak hanya bus-bus reguler yang didesain, Adi Putro juga andal dalam menghadirkan bus-bus kelas eksekutif terutama bus double decker.

Tentrem

Sama-sama berasal dari kota Malang, Karoseri Tentrem tak kalah dari Adi Putro. Karoseri ini menerima sertifikat resmi dari Mercedes-Benz dalam standarisasi body builder di atas Chasis Mercedes-Benz.

Tak hanya itu, Tentrem juga karoseri pertama di Indonesia yang membangun bodi bus di atas chassis Scania K380IB.

Laksana

Karoseri Laksana berdiri pada 1970 sebagai perusahaan penyedia mesin otomotif. Namun seiring berjalannya waktu, Laksana terus berkembang hingga mampu memproduksi bus.

Karoseri ini memiliki jumlah produk paling banyak di antara industri karoseri yang lain. Laksana juga dikenal memiliki beberapa karya andalan, seperti bus Proteus, Discovery dan All New Legacy Sky.

infografis

Tri Sakti

Tri Sakti adalah karoseri pelopor bus double decker. Double decker pertamanya diluncurkan pada 2012 dengan mengusung nama Werkudara yang menggunakan sasis Mercedes tipe OH1526.

Werkudara merupakan bus double decker wisata di Solo. Hingga kini sudah ada banyak double decker yang dibuat oleh Tri Sakti.

New Armada

Berdiri sejak 1974, New Armada dikenal dengan markas yang sangat besar di Jalan Raya Mertoyudan, Malang.

Karoseri yang didirikan oleh David Herman Jaya ini memiliki karya yang sudah banyak diekspor ke beberapa negara, seperti Kenya, Suriname, Bangladesh dan Suriname.

Morodadi Prima

Didirikan oleh pengusaha asal Kota Malang, karoseri Morodadi Prima ini bermarkaskan di Jalan Raya Randu Agung, Singosari, Kabupaten Malang.

Karoseri ini telah melahirkan produk dalam konsep yang memprioritaskan kualitas, baik sistem maupun material. Selain itu model-model bus garapan karoseri ini banyak disukai oleh pasangannya seperti New patriot, Gran turismo, Ventura dan Zonda Bus.

Rahayu Santosa

Karoseri Rahayu Santosa berdiri sejak 1961 dan banyak mendapatkan kepercayaan dari berbagai PO diberbagai daerah untuk membuat bus-bus angkutan penumpang.

Memiliki desain yang sederhana dan dinamis menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi karoseri ini.

Karoseri Rahayu Santosa ini sangat terkenal di wilayah Sumatera sebab memiliki kemudahan perawatan, konstruksinya yang kuat dan kokoh.

Tugas Kita

Karoseri Tugas Kita berada kota Semarang dan berdiri sejak 1990-an.

Sama seperti bengkel karoseri lainnya, Tugas Kita juga banyak memproduksi body-body mobil angkutan penumpang dengan desain yang bervariatif.

Yang terbaru, Tugas kita membuat karyanya diatas chasis Daihatsu Gran Max yang dibuat sebagai mobil mini bus antar desa maupun kota. Karoseri ini juga banyak memproduksi body mobil dengan desain yang cukup dinamis.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini