Share

Dear Riders, Simak Cara Ubah Mesin Motor Jadi Bertenaga

Tangguh Yudha, MNC Portal · Minggu 25 September 2022 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 53 2674005 dear-riders-simak-cara-ubah-mesin-motor-jadi-bertenaga-UAQWguX2Mb.jpg Ilustrasi motor (freepik)

BAGI pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui beberapa cara mengubah mesin motor jadi bertenaga. 

Sepeda motor yang bertenaga tentunya jadi dambaan banyak orang, terutama kaum adam.

Tapi seperti diketahui bersama, motor bertenaga besar tentunya memiliki bandrol harga yang tidak murah juga.

Nah bagi yang tersandung dengan keterbatasan budget tak khawatir karena sebenarnya ada beberapa cara untuk merubah mesin motor jadi lebih bertenaga.

Bagaimana caranya? Berikut paparannya, melansir dari blog Wahana Honda: 

1. Gunakan knalpot racing

Cara agar mesin motor jadi bertenaga yang pertama adalah dengan mengganti knalpot bawan menjadi knalpot racing. Dengan knalpot racing, diharapkan katalitik dari knalpot ini akan menaikkan daya yang sudah ada.

2. Modifikasi karburator

Memodifikasi karburator akan membuat performa ruang bakar pada motor semakin maksimal. Caranya adalah dengan mengganti spuyer karburator dengan ukuran yang lebih besar. Tapi pastikan juga spuyer sesuai agar motor tidak ngadat.

 infografis

3. Pakai velg ringan

Cara lain agar motor lebih bertenaga adalah dengan memakai velg yang ringan. Dengan beban kendaraan yang telah dipangkas diharapkan kemampuan motor semakin maksimal. Namun pastikan ukuran velg sesuai dengan standar kendaraan.

4. Gunakan ban yang sesuai

Bukan rahasia lagi bahwa pemilihan ban dapat menyokong performa motor. Tentunya ban sport dengan soft compound akan membuat motor nge-grip di jalanan yang mulus. Tapi jika jalan kurang bagus, maka gunakan ban standar saja agar lebih aman.

5. Pastikan suspensi optimal

Shockbreaker yang prima juga berpengaruh untuk membuat kinerja mesin jauh lebih optimal. Bisa dibilang tanpa adanya suspensi yang baik, mesin yang sudah dinore-up pun tak akan mengeluarkan kemampuan maksimalnya.

6. Perawatan rutin

Yang terkahir dan juga pentingbadalah dengan melakukan erawtan rutin. Dengan perawatan yang rutin, dijamin motorakan selalu dalam kondisi yang prima. Gantilah oli setiap bulan dan service berkala setiap dua bulan sekali.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini