Share

3 Negara dengan Populasi Kendaraan Listrik Terbanyak di Dunia

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Senin 26 September 2022 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 52 2674469 3-negara-dengan-populasi-kendaraan-listrik-terbanyak-di-dunia-7PJScvzTQU.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PENGGUNAAN kendaraan listrik kini sedang gencar digaungkan di Indonesia. Jumlah kendaraan bermotor listrik di Indonesia adalah 16.060 unit dengan jumlah stasiun pengisian dayanya sebanyak 267 unit di seluruh Indonesia.

Sementara itu, di dunia sendiri sudah ada 3 negara yang menempati urutan atas dengan populasi kendaraan listrik terbanyak. Berikut informasinya.

Norwegia

Menurut data yang dipublikasikan oleh laman Canary Media, Norwegia merupakan negara dengan jumlah kendaraan listrik terbanyak di dunia dengan 81% per 1.000 penduduk di tahun 2020.

Demi mendukung penggunaan kendaraan listrik, pemerintah Norwegia tidak mewajibkan warganya untuk membayar pajak kendaraan dan mematok tarif jalan bebas hambatan atau tol yang sangat rendah.

Warga yang menggunakan kendaraan kendaraan listrik, terutama mobil juga tidak dikenakan biaya parkir. Diketahui, penjualan mobil listrik di Norwegia sangat tinggi di tahun 2019, yakni mencapai 60%. Padahal, penjualan mobil listrik pada tahun 2013 hanya 6%.

Penjualannya meningkat kembali di tahun 2021 sebanyak 65%. Pemerintah Norwegia menargetkan bahwa penggunaan mobil bensin akan berakhir pada tahun 2023 dan mengalihkan seluruhnya ke kendaraan listrik.

 Ilustrasi

Islandia

Selanjutnya, ada Islandia yang memiliki 36,8% kendaraan listrik per 1.000 penduduk. Kendaraan listrik di Islandia sudah booming atau mulai diminati sejak tahun 2017. Kala itu, pangsa pasar kendaraan listrik adalah 8,7%.

Islandia juga menjadi kedua yang paling banyak menyerap kendaraan listrik setelah Norwegia. Setahun setelahnya, pangsa pasar kendaraan listrik Islandia meningkat drastis menjadi 13,5%. Islandia adalah negara pertama yang membebaskan atau memberikan diskon pajak pertambahan nilai, khusus bagi negara yang rendah emisi.

Baiknya, kebijakan ini dilakukan hingga tahun 2023. Tujuannya, tentu untuk melindungi lingkungan sekitar dan lebih gencar menumbuhkan kebiasaan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Swedia

Populasi kendaraan listrik di Swedia menyentuh angka 20,6% per 1.000 penduduk. Melansir Statista, jumlah kendaraan listrik di negara itu mencapai 56 ribu. Padahal, jumlahnya hanya 157 unit pada tahun 2009.

Sudah pasti, jumlah stasiun pengisian daya listrik bagi kendaraan meningkat, beriringan dengan melonjaknya jumlah kendaraan listrik. Pada tahun 2018, setidaknya ada 6 ribu stasiun pengisian yang terdaftar, dari hanya 500 unit di tahun 2012.

Pemerintah Swedia terus menggencarkan dan memperkuat kerja sama melalui program kemitraan penelitian dan inovasi transportasi utama Swedia.

Langkah ini dilakukan agar emisi gas rumah kaca dapat ditekan semaksimal mungkin dan daya saing industri otomotif Swedia mampu lebih kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini