Share

Simak Aturan Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi dan Larangan Parkir di Tepi Jalan

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 26 September 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 52 2674596 simak-aturan-pemilik-mobil-wajib-punya-garasi-dan-larangan-parkir-di-tepi-jalan-e9qmM4BPF4.jpg Mobil parkir di pinggir Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat (Koran SINDO)

PEMERINTAH DKI Jakarta sudah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Pasal 140 Tahun 2014 tentang Transportasi yang mewajibkan pemilik mobil wajib memiliki garasi untuk mencegah mobil parkir sembarang di pinggir jalan yang mengganggu ketertiban.

Sayangnya aturan tersebut belum berjalan secara optimal. Malah masih banyak warga yang parkir mobil di pinggir jalan. Padahal ini sangat mengganggu, mengingat sebagian badan jalan yang harusnya berfungsi sebagai lalu lintas kendaraan, malah terpakai untuk parkir.

 BACA JUGA:Begini Cara Atasi Mobil Mogok di Tengah Jalan, Jangan Panik!

Fenomena ini tentu saja sering kali terjadi terutama di sekitar perumahan. Pemilik mobil memilih memarkirkan mobilnya begitu saja dipinggir jalan yang mana tentu saja mengambil jalan umum milik bersama.

Padahal pemerintah telah menetapkan aturan mengenai parkir mobil kepada warganya. Untuk itu bagi seseorang yang punya mobil wajib punya garasi.

 

Larangan Parkir di Tepi Jalan

Memarkir mobil di tepi jalan bukan untuk kepentingan darurat sebenarnya melanggar peraturan pemerintah. Pemerintah telah mengeluarkan aturan mengenai larangan parkir di jalan dalam PP Pasal 38 Nomor 34 Tahun 2006.

 BACA JUGA:Mobil Listrik hingga Hidrogen Jadi Kendaraan Masa Depan, Ini Kata Gaikindo

Peraturan tersebut berbunyi “Setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34, Pasal 35, Pasal 36, dan Pasal 37 yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan”.

Berdasarkan bunyi Peraturan Pemerintah tersebut dapat dipahami bahwa memarkir kendaraan ditepi jalan umum dapat mengganggu fungsi dari jalan itu sendiri. Fungsi jalan yang terganggu mengakibatkan berbagai masalah lalu lintas salah satunya kemacetan.

Punya Mobil Wajib Punya Garasi

Kepemilikan garasi untuk kendaraan juga telah pemerintah atur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 5 Pasal 140 Tahun 2014 tentang Transportasi. Pada Perda tersebut dijelaskan bahwa seseorang yang memiliki kendaran bermotor wajib memiliki garasi.

Namun sayang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang peraturan tersebut. Selain itu mungkin saja pemerintah setempat kurang mensosialisasikan peraturan yang telah ditetapkan.

 Ilustrasi

Sanksi yang akan diperoleh masyarakat yang melanggar peraturan tersebut juga tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ayat 1 Pasal 275. Adapun sanksi yang didapat dari perbuatan mengganggu fungsi jalan adalah pidana maksimal 1 bulan atau denda sebanyak Rp 250 ribu.

Demikian mengenai peraturan punya mobil wajib punya garasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini