Share

Catat! Ini 5 Langkah Awal yang Harus Dilakukan saat Mobil Mogok di Tengah Jalan

Cita Zenitha, MNC Portal · Selasa 27 September 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 52 2675399 catat-ini-5-langkah-awal-yang-harus-dilakukan-saat-mobil-mogok-di-tengah-jalan-ohH4xIZtOT.jpg Ilustrasi mobil mogok (Foto: Pixabay)

MOBIL mogok secara tiba-tiba di tengah jalan memang bikin kesal, apalagi jika perjalanannya dalam keadaan buru-buru ingin sampai ke tempat tujuan. Tapi, jangan panic. Kenali beberapa langkah awal yang harus dilakukan saat mobil mogok di jalan.

Mobil mogok tentunya menjadi sebuah mimpi buruk setiap pengendara. Apalagi jika mobil mogok di tengah jalan dan mengganggu pengendara lain. Setiap pengemudi harus selalu siap mengatasi masalah tersebut.

Umumnya mobil mogok disebabkan karena aki yang berfungsi menyalurkan listrik ke mesin mobil mengalami bermasalah. Mesin mobil mati mengakibatkan seluruh perangkat mobil tidak bisa dihidupkan.

 BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ternyata Ini Risiko Ganti Setir Mobil Modifikasi

Untuk mengatasi permasalahan mobil mogok pengendara tak perlu panik atau bingung. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat mobil mogok di tengah jalan :

1. Pindahkan Mobil ke Tempat Aman

Pengendara pasti akan merasakan jika mobil memperlihatkan tanda-tanda akan mogok. Ketika hal tersebut terjadi segeralah pinggirkan mobil ke tempat yang lebih aman.

 Ilustrasi

Jika mesin mobil mati ditengah jalan, mintalah bantuan pengendara lain untuk mengamankan mobil. Memindahkan mobil tempat aman juga berguna untuk menjaga keselamatan pengendara mobil dan tidak mengganggu pengendara lainnya.

 BACA JUGA: Viral Video Pemotor Dorong Mobil Mogok Pakai Kaki, Netizen: Udahannya Betis Memar

2. Hidupkan Lampu Hazard dan Pakai Segitiga Pengaman

Pastikan lampu hazard pada mobil menyala untuk memberikan tanda pada pengendara lain bahwa mobil anda mengalami masalah. Tak lupa untuk memasang segitiga pengaman pada bagian depan dan belakang mobil.

3. Memeriksa Lampu Indikator

Untuk mengetahui permasalahan pada mobil periksalah lampu indikator. Lampu indikator dapat mendeteksi kerusakan pada mesin mobil anda. Salah satunya adalah ketika mobil kepanasan, kehabisan bahan bakar, atau memiliki masalah dengan radiator atau aki.

4. Masalah Pada Sistem Pengapian Mobil

Setelah memeriksa indikator kendaraan, periksa komponen pengapian. Caranya adalah dengan cabut salah satu kabel busi kemudian pasang busi ke mesin mobil. Jika ada percikan api, mesinnya bagus. Tetapi jika tidak ada, bersihkan busi dan lakukan hal serupa.

 

5. Menghubungi Jasa Mekanik

Untuk anda yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang mesin mobil bisa segera menghubungi jasa mekanik terdekat

Demikian yang harus dilakukan saat mobil mogok di tengah jalan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini