Share

Kenali 4 Jenis Mobil Listrik Serta Variannya yang Beredar di Pasaran Saat Ini

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 52 2676095 kenali-4-jenis-mobil-listrik-serta-variannya-yang-beredar-di-pasaran-saat-ini-drHYGJXqck.jpg Ilustrasi mobil listrik (Freepik)

MENGENAL jenis-jenis mobil listrik yang ada di pasar otomotif. Pemerintah terus mendorong penggunaan mobil listrik untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil sekaligus menekan emisi karbon.

Sebagian kalangan di Indonesia mulai beralih ke mobil listrik karena dianggap lebih efisien dan ramah lingkungan. Tapi, mayoritas masyarakat memang belum bersedia membeli mobil listrik karena harganya masih terlalu mahal dan insfrastruktur pengecasannya masih minim.

Lantas, apa saja jenis-jenis mobil listrik yang ada di pasaran? Simak ulasannya.

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery Electric Vehicle (BEV) adalah mobil listrik yang sangat mengandalkan listrik sepenuhnya sebagai sumber penggerakan. Mobil ini tak mempunyai sistem pembakaran atau motor traksi di dalamnya.

Oleh sebab itu, tenaga penggeraknya tersimpan di dalam sebuah baterai yang dapat diisi ulang, dengan menyambungkannya ke saluran listrik eksternal. Mobil ini juga dibekali oleh generator, komponen yang akan menghasilkan tenaga dan menyimpan listrik pada baterai.

Adapun contoh mobil listrik BEV yang sudah mengaspal di jalan saat ini adalah Hyundai Ioniq, Nissan Leaf, dan Wuling Air EV.

2. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Fuel-Cell Vehicle (FCEV) atau dikenal dengan kendaraan zero emission adalah mobil listrik yang menggunakan Fuel-Cell untuk menghasilkan listrik.

Sistem kerja mobil listrik FCEV serupa dengan BEV, hanya saja FCEV memiliki sistem untuk mengkonversi energi kimia dari Fuel-Cell. Adapun jenis mobil FCEV yaitu, Toyota Mirai, Hyundai Tucson FCEV, dan Honda Clarity Fuel Cell.

3. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Hybrid Electric Vehicle (HEV) adalah jenis mobil listrik yang hanya menggunakan tenaga listrik gak secara penuh. Sistem kerja mobil HEV ini dengan menggabungkan dua sistem penggerak yang bersumber dari baterai dan bahan bakar minyak.

Sayangnya, baterai mobil ini tidak dapat diisi ulang secara eksternal, sebab HEV tidak tersedia charging port. Meski begitu, mobil jenis ini memiliki generator, sehingga baterai tetap bisa terisi ketika mobil mengerem.

Uniknya lagi, mobil hybrid ini mengonsumsi bahan bakar lebih irit dua kali dibandingkan dengan mobil konvensional. Adapun mobil HEV yaitu, Honda Civic Hybrid, Toyota Prius Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.

4. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHE) adalah mobil listrik yang beroperasi menggunakan listrik dan bahan bakar secara bersamaan.

Tak sama dengan HEV, baterai mobil PHEV dapat diisi ulang dengan cara memanfaatkan gerakan kinetis saat melakukan pengereman.

Ilustrasi

Oleh sebab itu, kerjasama antara bahan bakar dengan listrik pada PHEV ini mampu menghasilkan tingkat keiritan bahan bakar yang baik.

Adapun mobil dengan jenis PHEV yakni, Mitsubishi Outlander PHEV, BMW i8, dan Toyota C-HR.

Demikian 4 jenis-jenis mobil listrik yang beberapa telah ada di pasaran Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini