Share

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin dan Cara Mengatasinya

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 87 2675847 penyebab-ac-mobil-tidak-dingin-hanya-keluar-angin-dan-cara-mengatasinya-RSgoNqCGuA.JPG Ilustrasi (Foto: cars24.co.th)

AIR Conditioner (AC) di mobil sangat penting untuk menjaga sirkulasi udara sekaligus membuat kabin terasa sejuk. Terutama di Jakarta dengan cuaca yang cukup panas dan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi.

Namun, dalam beberapa kasus AC mobil menjadi tidak dingin dan hanya keluar angin tanpa memberikan kesejukan. Ini membuat rasa berkendara menjadi tak nyaman dan membuat kabin mobil terasa lembab.

Untuk itu kenali penyebab AC mobil tidak dingin seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini, agar dapat dicegah demi memberikan kenyamanan saat berkendara.

1. Freon habis

Freon menjadi unsur penting dalam cara kerja AC mobil, jika habis maka sudah dipastikan tidak akan dingin dan hanya keluar angin. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan pada freon AC mobil ketika tidak terasa dingin saat berada di dalam kabin.

Apabila freon AC mobil terbukti habis, maka harus segera mengisinya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Tapi, kasus ini sangat jarang terjadi jika tak ada kebocoran dalam pipa saluran AC.

2. Filter kabin kotor

AC mobil memiliki filter di dalam kabin untuk menyaring kotoran dari udara yang diserap oleh sistem pendingin sebelum dikeluarkan menjadi udara sejuk. Kotoran yang terdapat pada filter AC di dalam kabin bisa menyumbat udara masuk secara maksimal.

Kotor tersebut menyebabkan AC tidak dingin dan hanya keluar angin. Sebaiknya, rutin membersihkan filter kabin dan menggantinya setiap 16.000 km.

Infografis Manfaat Coating Mobil saat Musim Hujan

3. Kondensor kotor

Kondensor memiliki tugas untuk membuang udara panas yang dilepaskan kompresor sehingga AC mobil terasa sejuk ketika dialirkan ke kabin. Apabila bagian ini sudah kotor, maka bisa menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin .

Ketika kondensor kotor, panas tidak dapat dilepaskan dan membuat AC tidak dingin. Anda hanya perlu rutin membersihkan kondensor agar bebas debu untuk menghindari penyumbatan dan mencegahya berkarat.

4. Kompresor rusak

Jika AC mobil tidak terasa dingin dan hanya mengeluarkan angin, bisa jadi penyebabnya adalah kompresor yang rusak. Padahal, itu menjadi komponen terpenting dalam sistem kerja AC mobil.

Tetapi, jika mesin kompresor tidak ada masalah, bisa saja kerusakan terdapat pada bagian puli. Komponen puli ini memiliki fungsi untuk menggerakkan pompa air, kipas pendingin, power steering dan juga alternator.

5. Extra fan tidak berfungsi

Proses pendinginan di dalam kabin mobil juga akan mengalami masalah ketika motor pada extra fan mengalami masalah. Extra fan ini letaknya ada di depan kondensor jadi bisa dengan mudah diperiksa apakah masih berputar ketika AC dinyalakan.

Extra fan yang mati akan membuat kondesor tidak dapat menurunkan suhu sehingga AC mobil tidak dingin. Oleh karena itu, pastikan ekstra fan bekerja demi memaksimalkan kinerja AC mobil.

6. Evaporator tersumbat

Evaporator memiliki tugas untuk mendistribusikan udara dingin ke seluruh kabin. Apabila evaporator kotor, itu akan membuat udara dingin yang keluar terhambat, selain itu angin yang keluar dari AC mobil juga kotor.

Tetapi, wajar jika debu dan kotoran ikut masuk ke evaporator karena ikut terhisap oleh blower yang terhubung dengan komponen tersebut. Agar AC mobil tetap terasa dingin selama berkendara, pastikan rutin membersihkan evaporator.

7. Thermistor rusak

Thermistor merupakan singkatan dari terminal resistor, komponen dari sistem AC ini berfungsi untuk mengukur dan mengatur suhu yang berasal dari kompresor. Jika rusak, maka evaporator menjadi beku karena suhu yang berasal dari kompresor tidak diatur.

Kalau evaporator sudah beku, maka menyebabkan AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin. Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah lebih besar yang dapat menguras kantong untuk memperbaikinya.

Infografis Mitos Menghemat BBM

8. Korsleting

Korsleting juga bisa menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin karena sekring AC putus akibat aliran arus pendek. Ini akan membuat AC hanya mengeuarkan angin dan kabin tetap terasa panas.

9. Celah centerpiece terlalu lebar

Magnetic clutch atau kopling magnet terdapat pada kompresor AC yang fungsinya adalah menghubungkan putaran mesin melalui puli. Pemeriksaan secara berkala pun seharusnya dilakukan pada komponen ini agar AC mobil tetap terasa dingin.

Apabila magnetic clutch tidak dapat menarik armature assembly atau centerpiece dengan baik saat AC hidup, maka akan timbul bunyi dan terjadi selip. Jika celah centerpiece terbentuk sangat lebar akan mengakibatkan kompresor overheat yang menyebabkan AC mobil tidak dingin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini