Share

Melihat AirCar Mobil Terbang yang Sudah Lulus Uji di Slovakia

Tangguh Yudha, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 52 2676941 melihat-aircar-mobil-terbang-yang-sudah-lulus-uji-di-slovakia-rQlYmzZpab.JPG Mobil Terbang (Foto: Instagram/@aircarcorp)

MOBIL terbang kini bukan hanya fantasi belaka. Perusahaan bernama Klein Vision telah menciptakannya dan sudah diberi lampu hijau untuk beroperasi oleh Otoritas Transportasi Slovakia.

Seperti dilansir dari Architecturaldigest, Selasa, 27 September 2022 perusahaan menamai mobil terbang besutannya sebagai "AirCar". Mobil ini diklaim sebagai salah satu kerajinan pertama dari jenisnya yang menerima sertifikasi formal.

Dalam pernyataan resminya, Klein Vision mengatakan bahwa mereka telah mengeluarkan AirCar Certificate of Airworthiness setelah menyelesaikan lebih dari 200 lepas landas dan mendarat serta 70 jam penerbangan.

Lebih lanjut mereka menyebut bahwa semua pengujian sudah memenuhi standar Badan Keselamatan Penerbangan Eropa.

"Tes penerbangan yang menantang termasuk berbagai manuver penerbangan dan kinerja dan menunjukkan stabilitas statis dan dinamis yang menakjubkan dalam mode pesawat,” kata perusahaan.

"Prosedur lepas landas dan mendarat dapat dicapai bahkan tanpa pilot perlu menyentuh kontrol penerbangan," tambahnya.

AirCar sendiri membuahkan hasil setelah lebih dari 100.000 jam kerja oleh tim yang terdiri dari delapan spesialis yang mengubah gambar desainnya menjadi model 3D, yang kemudian melalui pengujian terowongan angin.

Sebuah prototipe dua tempat duduk datang berikutnya, dan itu didukung oleh mesin 15KW. Seorang juru bicara untuk Klein Vision mengatakan bahwa versi awal AirCar ini didukung oleh remote control.

Pendiri Klein Vision, Stefan Klein yang juga memimpin tim pengembangan, dan juga menjadi pilot uji coba untuk model terakhir yang mengubah dari kendaraan menjadi pesawat kecil.

"Sertifikasi AirCar membuka pintu untuk produksi massal mobil terbang yang sangat efisien. Ini resmi dan konfirmasi terakhir dari kemampuan kami untuk mengubah perjalanan jarak menengah selamanya,” katanya.

AirCar akan tersedia secara global dan bisa dibeli konsumen dalam tahun depan, tetapi juru bicara Klein Vision mengatakan bahwa hanya pilot berlisensi lah yang bisa menerbangkannya.

Untuk harga, AirCar dibanderol antara USD550.000 hingga USD1,1 juta atau setara Rp8,3 miliar hingga Rp16,6 miliar tergantung pada kelengkapan fitur. Konsumen bahkan bisa request untuk menambahkan teknologi GPS terkini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini