Share

Pameran Motor Listrik Terbesar IEMS 2022 Resmi Dibuka

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 53 2676544 pameran-motor-listrik-terbesar-iems-2022-resmi-dibuka-RYlcugTuES.JPG Ilustrasi (Foto: MPI/Heri Purnomo)

GUNA mendukung percepatan transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) resmi dibuka, Rabu (28/9/2022).

Pameran kendaraan listrik yang diikuti sejumlah pabrikan dan beberapa industri penunjang ini menjadi gelaran ketiga dalam industri otomitif kendaraan listrik Indonesia sejak dimulai pada 2019 lalu.

Mengambil tema Strenghtening Autonomous Ecosystem, melalui pameran ini BRIN ingin mendorong berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia.

Inisiator IEMS, Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi mengungkapkan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia atas dukungan perkembangan kendaraan listrik.

IEMS 2022

(Foto: electricmotorshow.id)

Ini memungkinkan BRIN terus melakukan inovasi dan perkembangan terhadap kemajuan kendaraan listrik di Indonesia.

Ini diawali dengan peluncuran motor listrik Gesits yang dikendarai oleh Presiden Joko Widodo di Istana pada Novemner 2018 lalu. Lalu dilanjutkan dengan berdirinya stasiun pengisian yang berada di samping gedung BJ Habibie, Jalan MH Thamrin

"Animo luar biasa dari masyarakat, asosiasi industri, dan seluruh stakeholder juga dukungan pemerintah memungkin IEMS menjadi saksi berkembangnya sejarah peradaban. Teknologi yang lebih canggih juga sudah diwujudkan oleh BRIN bersama mitra yang dapat dinikmati oleh pengunjung selama tiga hari ini," kata Eniya.

Dalam pameran ini, diisi oleh lebih dari 50 peserta pameran dari berbagai industri yang terkait dengan kendaraan listrik. Beberapa pabrikan seperti Wuling dan dan Nissan hadir dengan menyajikan sejumlah produk mobil listrik dan mobil hybrid.

Beberapa produk yang mereka pamerkan merupakan kendaraan listrik yang telah dipasarkarkan di pasar secara global. Sementara itu, beberapa hasil riset untuk menunjang berbagai aktivitas di Indonesia juga ikuti dipamerkan.

Ajang pameran otomotif kendaraan listrik yang digelar pada 28-30 September ini juga dilangsungkan secara gratis. Di dalamnya juga terdapat talkshow, seminat, dan test drive bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mengendarai kendaraan listrik.

Menurut Eniya, lewat rangkaian kegiatan ini, masyarakat dapat melihat langsung beberapa teknologi seperti fast charging station dan battery testing lab.

Teknologi yang sedang dikembangkan oleh periset BRIN juga akan membuka wawasan masyarakat Indonesia bahwa kendaraan listrik ke depannya akan semakin berkembang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini