Share

Ketahui Manfaat BPKB Elektronik, Bisa Cegah Duplikasi Loh!

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Kamis 29 September 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 87 2676679 ketahui-manfaat-bpkb-elektronik-bisa-cegah-duplikasi-loh-MiZ8uTCquQ.JPG Ilustrasi BPKB (Foto: Antara)

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) saat ini sedang mengembangkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik atau digital. Ini dilakukan demi memudahkan pelayanan terhadap masyarakat dalam mengurus surat-surat kendaraan.

BPKB elektronik hadir setelah perencanaan pelat nomor putih dengan angka dan huruf berwana hitam untuk memudahkan ETLE dalam melakukan pemindaian.

Wacana tersebut disampaikan Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus setelah menggelar rapat analisa dan evaluasi bersama polda jajaran yang diikuti 102 peserta.

BPKB Elektronik diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan dan pengurusan surat-surat di Polri yang berkaitan dengan kendaraan bermotor.

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan itu merupakan langkah tepat yang memang harus dilakukan di era modern saat ini.

Infografis Tantangan Mobil Listrik

“Saya pikir ini sudah saatnya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat,” kata Djoko kepada MNC Portal.

“Tapi, BPKB merupakan data penting yang juga harus dilindungi. Saya pikir Polri sudah mempersiapkan ini agar tidak terjadi kebocoran data,” tambahnya.

Ia menuturkan peretasan data yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu memberi peringatan bahwa sistem keamanan siber perlu ditingkatkan. Meski BPKB elektronik menjadi gagasan yang bagus, tapi kewaspadaan juga perlu ditingkatkan.

“Saat ini eranya IT melawan IT. Jadi masyarakat juga harus berhati-hati agar tidak asal mengklik pada handphone mereka,” lanjut Djoko.

BPKB elektronik akan dilengkapi dengan teknologi chip yang terintegrasi single data, nantinya seluruh data mengenai kendaraan tersebut dapat dengan mudah diketahui.

Sejumlah stakeholders seperti pegadaian, perbankan, hingga industri finance akan tergabung dalam single data BPKB elektronik. Hal ini akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen kendaraan bermotor.

Berbagai manfaat akan didapatkan dalam pengadaan BPKB elektronik, selain memudahkan masyarakat, ini juga dapat mencegah penyelewengan, pemalsuan, hingga duplikasi BPKB yang saat ini banyak dilakukan.

Infografis Mobil Listrik

“Sistem ini akan terintegrasi dengan perbankan, jadi Polri dapat dengan mudah melihat apakah kendaraan masih dalam cicilan atau tidak,” ucap Djoko yang juga seorang Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata.

Hal ini diyakini akan mempercepat proses pengurusan surat-surat, yang saat ini membutuhkan waktu satu sampai dua bulan, dengan BPKB elektronik maka hanya dibutuhkan waktu satu hari.

Pasalnya, saat ini Korlatas harus mencocokkan data dengan seluruh stakeholder untuk melihat catatan dari kendaraan bermotor sebelum ke proses selanjutnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini