Share

Wajib Tahu, Ini Fungsi Kode Angka di Kunci Kontak Kendaraan Bermotor!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 53 2677664 wajib-tahu-ini-fungsi-kode-angka-di-kunci-kontak-kendaraan-bermotor-5232TwI3u9.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KODE angka di kunci kontak kendaraan bermotor fungsinya sangat penting. Pengendara wajib tahu kode angka itu beserta fungsinya.

Jika dilihat dengan seksama di kunci kontak kendaraan bermotor terdapat kode kecil berupa angka. Kode tersebut umumnya diabaikan oleh beberapa pemilik kendaraan bermotor. Namun, tahukah jika kode tersebut wajib untuk diingat.

Kode Angka di Kunci Kontak

Di lingkungan sekitar mungkin tak asing dengan kasus kunci kontak yang hilang entah karena lupa meletakkannya atau terjatuh. Oleh sebab itu, perlu dilakukan duplikat kunci agar memiliki cadangan kunci jika suatu saat hal tersebut menimpa Anda.

Kode angka yang ada di kunci kontak berguna untuk proses pembuatan duplikat kunci. Kode yang berukuran kecil tersebut ternyata merupakan seri produksi dari pembuatan kunci.

Kode yang ada di pelat besi kecil yang menggantung bersama kunci kontak cadangan itu juga berfungsi untuk registrasi nomor di divisi distribusi. Jika sewaktu-waktu kunci hilang, maka bisa dibuat baru berdasarkan kode tersebut.

Konsumen dapat mengajukan proses pembuatan kunci kontak, jika hilang atau kerusakan di bagian belakang kunci kontak tepatnya di tempat magnet berada. Saat kunci kontak hilang, plat tersebut dapat berguna sebagai kode registrasi.

Sehingga pemilik motor dapat memperoleh unit kunci kontak baru, namun tetap dengan rumah kunci yang lama. Untuk mendapatkannya, cukup melapor ke dealer dengan membawa pelat tersebut. Nantinya, pihak dealer akan meneruskan untuk proses pembuatan kunci kontak ulang.

Proses ini memakan waktu yang lama. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan sampai menghilangkan kunci kontak, dan selalu simpan kunci cadangan yang ada plat besinya di tempat yang aman.

Ilustrasi

Demikian pemahaman terkait kode angka di kunci kontak yang fungsinya penting. Sebisa mungkin jaga barang-barang penting seperti kunci kontak dengan baik agar tak menyusahkan suatu saat. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini