Share

Heboh Pertalite Boros, Kenali 4 Cara Mengecek Konsumsi BBM Kendaraan!

Raden Yusuf Nayamenggala, MNC Portal · Minggu 02 Oktober 2022 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 52 2678199 heboh-pertalite-boros-kenali-4-cara-mengecek-konsumsi-bbm-kendaraan-c7VNRIxeg5.jpg Ilustrasi (Freepik)

BELAKANGAN ini tengah ramai kabar bahwa BBM jenis Pertalite dianggap lebih boros atau mudah habis, setelah mengalami kenaikan harga.

Mengenai hal tersebut, daripada hanya sekadar berspekulasi dan mempercayai isu yang beredar begitu saja, lebih baik kamu mengenal cara untuk mengecek konsumsi BBM Kendaraan.

 BACA JUGA:Dilaporkan Lesti Kejora soal KDRT, Intip 6 Koleksi Mobil Mewah Rizky Billar

Seperti yang dikutip dari laman Wikihow, ada 5 tips untuk mengecek konumsi BBM pada kendaraan.

1. Hitung Jumlah Jarak dan BBM yang Digunakan

Konsumsi bahan bakar mobir merupakan ukuran jarak yang dihitung dengan berapa liter bensin yang terpakai. Apabila kamu mengetahui jarak yang sudah kamu tempuh dan berapa liter bensin yang ada di tangki kamu.

Jadi kamu hanya perlu membagi jarak tempuh dengan bensin, atau kilometer per liter. Waktu terbaik menghitungnya, yakni setelah kamu mengisi bensin mobil kamu.

 BACA JUGA:5 Bahan Alami Penghilang Bau Rokok dalam Kabin Mobil, Dijamin Wangi!

2. Atur Ulang Trip Odometer

Setelah kamu mengisi bensin, kamu setel odometer perjalanan ke angka nol. Biasanya, setelah terdapat di dasbor atau konsol tengah, dengan tombol kecil yang bisa kamu tahan untuk mengatur ulang ke nol. Cara tersebut bisa kamu lakukan setelah pengisian bensin, kemudian atur ke angka nol. Kamu bisa menghitung jarak tempuh dan berapa liter bensin yang sudah kamu isi.

3. Gunakan Mobil Hingga Tangki Hampir Kosong

Ketika kamu ingin melakukan perhitungan, tentu kamu harus menghitung berapa banyak sisa bensin yang ada di tangki. Semakin banyak bensin yang kamu gunakan, maka penghitungan kamu akan semakin akurat.

 Ilustrasi

4. Catat Jumlah Bensin yang Kamu Beli

 

Untuk cara ini, bisa kamu lakukan dengan cara mencatat jumlah bensin yang kamu beli. Caranya isi bensin kamu hingga full kemudian catat angkanya. Hal tersebut untuk mengetahui berapa banyak bensin yang kamu butuhkan untuk mengisi kembali. Jadi, kamu bisa menghitung konsumsi BBM setelah mengetahui secara akurat berapa banyak bensin jika tangki full.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini