Share

Ini Kendala Pemerintah untuk Bermigrasi ke Kendaraan Listrik

Syifa Fauziah, Okezone · Jum'at 30 September 2022 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 52 2678414 ini-kendala-pemerintah-untuk-bermigrasi-ke-kendaraan-listrik-1z56q7tjCF.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MOBIL listrik kini menjadi perhatian publik. Bahkan di beberapa pameran mobil, mobil listrik jadi unit yang laris di pasaran. Hal itu juga jadi upaya pemerintah untuk mengurangi emisi yang berdampak pada kerusakan alam.

Di tengah gencarnya pemerintah menggalakkan penggunaan kendaraan listrik, Wakil Ketua Umum Bidang Humas Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik, Ahmad Rofiqi melihat kendala yang dihadapi pemerintah agar masyarakat beralih ke kendaraan listrik adalah harga jualnya yang masih sangat tinggi.

 BACA JUGA:Desainnya Futuristik! Ini Dia Review Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 dari Captain Vincent

Selain itu juga karena barang-barangnya diimport langsung dari luar negeri. Itu menjadi tantangan agar Indonesia yang sudah memiliki bahan baku nikel agar bisa memproduksi baterai sendiri sehingga biayanya tidak besar.

 

“Tantangan ini bisa diatasi bahwa Indonesia bisa jadi salah satu pemain penting yang punya kandungan nikel buat bahan baku pembuatan baterai dan lain-lain,” jelas Ahmad Rofiqi dalam Webinar Perindo bertajuk ‘Kesiapan Industri Otomotif Beralih ke Mobil Listrik’, Jumat (30/9/2022).

 BACA JUGA:Kenali 4 Jenis Mobil Listrik Serta Variannya yang Beredar di Pasaran Saat Ini

Selain itu juga dari sisi edukasi, pemerintah harus melihat masyarakat bisa tahu lebih dalam tentang kendaraan listrik dan semakin terbiasa dan bisa menjadi tren.

“Bagaimana caranya membentuk suatu pola jadi suatu kebiasaan di masa depan agar kendaraan listrik menjadi tren,” tambahnya.

Rofiqi melanjutkan masalah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU juga harus dipikirian. Sebab banyak masyarakat yang tinggalnya jauh dari ibu kota, bila jumlah SPKLU tidak banyak akan membuat masyarakat khawatir ketika tiba-tiba baterai habis di tengah jalan.

“Dan ini yang saya lihat bahwa dari PLN sudah membuka peluang masyarakat yang mau berinvestasi untuk membuka SPKLU,” katanya.

 Ilustrasi

Dan yang pasti, lanjut Rofiqi, pemerintah harus memberi kenyamanan kepada masyarakat dari segi sarana maupun prasarana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini