Share

Kenali 9 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Menyala

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Minggu 02 Oktober 2022 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 52 2678506 kenali-9-penyebab-mobil-diesel-tidak-mau-menyala-QNEscre7j1.jpg Ilustrasi (Pixabay)

ADA sejumlah penyebab mobil diesel tidak mau menyala. Seperti yang diketahui, mobil mesin diesel memiliki perbedaan dengan mobil bensin.

Sehingga, ketika muncul sebuah permasalahan maka penanganan dan penyebabnya bisa saja berbeda. Salah satunya permasalahan yang kerap muncul adalah mobil diesel yang tidak mau nyala.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab mobil diesel tidak mau nyala.

1. Filter solar tersumbat

Filter solar berfungsi sebagai penyaring kotoran yang turut terbawa oleh solar dari dalam tangki. Semakin lama, kotoran-kotoran yang tersaring akan semakin banyak dan bisa menyebabkan filter solar tersumbat. Jika sudah tersbumbat, maka proses pembakaran pada mesin akan terganggu dan mesin mobil diesel tidak mau hidup.

 BACA JUGA:Dilaporkan Lesti Kejora soal KDRT, Intip 6 Koleksi Mobil Mewah Rizky Billar

2. Tekanan kompresi yang rendah

Kompresi yang tinggi diperlukan selama proses pembakaran pada mobil diesel. Pasalnya, di pada proses pembakaran tidak ada busi atau spark plug yang bisa memercikan api seperti yang terjadi pada mesin mobil bensin.

Maka dari itu, jika kompresinya terlalu rendah maka mobil diesel akan sulit hidup karena proses pembakaran akan sulit.

3. Adanya udara pada saluran bahan bakar

Saluran bahan bakar seharusnya hanya dilewati oleh bahan bakar saja. Jika ada udara yang masuk dan jumlahnya cukup banyak, maka bahan bakar tidak bisa melewati saluran tersebut. Efeknya adalah mesin menjadi susah menyala.

 Ilustrasi

Beberapa penyebab saluran bahan bakar terisi angin adalah tanki BBM yang kosong, kotoran yang menumpuk pada katup, dan ada kebocoran atau pemasangan yang longgar.

4. Priming pump yang rusak

Fungsi dari priming pump adalah untuk membantu supply pump menarik bahan bakar ke tangki ruang bakar. Jika alat tersebut rusak, maka jumlah bahan bakar yang ditarik akan berkurang. Otomatis mesin tidak akan menyala meski dinyalakan.

 BACA JUGA:5 Bahan Alami Penghilang Bau Rokok dalam Kabin Mobil, Dijamin Wangi!

5. Glow Plug yang rusak

Permasalahan selanjutnya bisa terjadi pada glow plug. Ketika glow plug bermasalah, maka tidak akan ada tekanan kompresi yang bisa meledakkan bahan bakar dan udara. Sehingga proses pembakaran tidak akan berlangsung.

6. Fuel Rail yang bermasalah

 

Fuel rail berfungsi menjaga tekanan agar tetap tinggi. Sehingga proses pembakaran akan berjalan sempurna. Jika fuel rail bermasalah, maka yang terjadi adalah mobil tidak akan menyala.

7. Injektor atau nozzle bermasalah

Injektor atau nozzle berfungsi untuk merubah bahan bakar menjadi kabut agar lebih mudah terbakar. Ini merupakan proses yang penting ketika menyalakan mobil. Nah, apabila komponen tersebut mengalami masalah maka bisa dibayangkan apa yang akan terjadi.

8. Supply pump rusak

Supply pump berfungsi sebagai penarik bahan bakar agar keluar dari filter menuju fuel rail. Jika supply pump mengalami kerusakan, maka tidak akan ada bahan bakar yang masuk ke fuel rail dan proses pembakaran tidak akan terjadi.

9. Sensor common rail bermasalah

Komponen ini bekerja untuk mendeteksi adanya injeksi bahan bakar pada komponen mesin lainnya. Jika sensor ini bermasalah maka akan berdampak pada sensor yang lain dan menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Demikian beberapa penyebab mobil diesel tidak mau nyala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini