Share

Benarkah Rem Cakram Motor Seret Bisa Bikin Boros Bensin? Berikut Penjelasannya

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 87 2678163 benarkah-rem-cakram-motor-seret-bisa-bikin-boros-bensin-berikut-penjelasannya-T9xh5BIaDM.JPG Ilustrasi (Foto: MPI/M. Fadli Ramadan)

REM merupakan bagian terpenting pada sepeda motor yang memiliki fungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Jika terjadi masalah, maka motor tidak akan nyaman untuk dikendarai.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah rem cakram motor seret, sehingga membuat ban tak bisa berputar dengan maksimal. Selain tidak nyaman untuk dikendarai karena terasa berat, ini juga membuat bensin lebih boros. Benarkah?

Ya, itu dikarenakan mesin harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan motor dan jelas membutuhkan bensin yang lebih banyak untuk pembakaran yang lebih besar demi mencapai tenaga yang dibutuhkan.

Kondisi rem cakram motor seret atau macet bisa terjadi karena beberapa sebab seperti yang telah Okezone rangkumkan berikut ini:

1. Piston kaliper rem cakram berkarat

Rem cakram motor yang seret bisa disebabkan piston berkarat yang membuatnya tidak kembali lagi ke posisinya, meski tuas rem telah dilepas. Ini membuat kampas rem tertekan dan menempel pada piringan atau disc rem.

2. Banyak kotoran menempel

Kotoran juga bisa menjadi penyebb utama rem cakram motor seret. Debu-debu halus yang menempel pada piringan rem dan juga kaliper bisa menyebabkan rem macet. Jika tidak dibersihkan, maka ini membuat rem motor menjadi bermasalah.

Infografis Perawatan Motor Pasca-Banjir

3. Kampas rem

Setiap tipe motor memiliki kode kampas rem yang berebeda, meski memiliki bentuk yang sama. Jika menggunakan kode yang berbeda, bisa menyebabkan kaliper tidak bekerja maksimal yang membuat rem cakram motor menjadi seret dan menyebabkan bensin boros.

Cara mengatasinya

Jika sudah berada dalam kondisi rem cakram motor seret atau macet, bisa diatasi dengan berbagai cara sesuai dengan penyebabnya. Apabila memiliki alat yang memadai, maka bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, tetap disarankan untuk membawanya ke bengkel motor dengan mekanik berpengalam demi memastikan rem cakram motor bekerja secara maksimal.

Rem seret disebabkan kotoran

Untuk mengatasi rem cakram motor seret akibat kotoran adalah dengan mencuci kaliper, kampas, dan piringan rem. Untuk membersihkannya secara menyeluruh, disarankan untuk membuka seluruh komponen agar bisa dibersihkan satu per satu.

Dipicu oleh karat

Mengatasi rem cakram seret karena karat membutuhkan kemampuan yang lebih besar karena harus membuka piston pada kaliper rem. Jika sudah terbuka, maka bagian yang berkarat pada piston hanya perlu diamplas.

Rem seret karena kampas

Biasanya, untuk menghemat pengeluaran, pemilik motor memasang kampas rem menggunakan merek palsu. Ini bisa menyebabkan kaliper rem tidak bekerja secara maksimal yang dapat menyebabkan rem cakram motor macet.

Untuk mengatasinya, gunakanlah kampas rem asli dengan kode yang tepat dan membawa ke ahlinya adalah cara yang paling disarankan.

Rem cakram motor yang seret memang sangat mengganggu dalam beraktivitas dan juga membuat pengeluaran lebih banyak karena bensin lebih boros. Untuk itu, selalu perhatikan dan melakukan perawatan berkala pada rem motor.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini