Share

Cerita Komika Soleh Solihun Kena Pungli di Samsat, Cek Fisik Bayar Rp30 Ribu

Sri Latifah Nasution, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 86 2678602 cerita-komika-soleh-solihun-kena-pungli-di-samsat-cek-fisik-bayar-rp30-ribu-EYtxGCSujd.JPG Komika Soleh Solihun dan Kanit Samsat Jaksel, AKP Mulyono (Foto: Twitter/@solehsolihun)

KOMIKA Soleh Solihun membagikan pengalaman saat memperpanjang STNK di akun Twitter miliknya @solehsolihun. Ia curhat sempat dimintai uang senilai Rp30.000 saat mengcek fisik kendaraan di Samsat Polda Metro, belum lama ini.

Setelah melakukan cek fisik motor dan membayar uang yang diminta, Soleh kemudian mengurus berkas perpanjangan, membayar pajak, hingga plat nomor selesai pada pukul 09.15 WIB.

Awalnya, Soleh berpikir bahwa cek fisik kendaraan tidak dipungut biaya. Namun mau tidak mau ia tetap memberikan uang sebesar Rp30.000 kepada oknum petugas tersebut.

"Perpanjang STNK 5 tahunan. Jam 8 pagi sampai Samsat di Polda Metro, langsung cek fisik. Bayar 30 ribu. Setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. Jam 08.13, berkas diterima. Lanjut lantai 4," cuit Soleh.

Samsat Polda Metro Jaya
(Foto: Twitter/@solehsolihun)

Banyak netizen yang mengomentari soal cek fisik tersebut. Salah satu netizen mengatakan bahwa dia juga pernah cek fisik di tempat tersebut dan dikenai biaya yang sama seperti Soleh. Sementara yang lain berkomentar kalau pengecekan tersebut seharusnya tidak perlu membayar.

“Cek fisik bukannya gratis ya,” komentar akun @jgnng***.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tak disebutkan harus membayar saat melakukan cek fisik kendaraan.

Sejalan dengan peraturan tersebut, Kanit Samsat Jakarta Selatan, AKP Mulyono mencoba menghubungi Soleh dan mengatakan bahwa perpanjangan STNK tidak dipungut biaya, di luar pajak dan fotokopi.

Soleh Solihun pun bertemu dengan AKP Mulyono dan menceritakan semua apa yang dialaminya.

"Perkenalkan, ini AKP Mulyono, Kanit Samsat Jaksel. Pesannya cuma satu: kalo ada yang minta duit ketika ngurus perpanjangan STNK (di luar duit pajak dan fotokopi ya. 😂), enggak usah bayar. Laporin aja katanya," tutur Soleh pada caption fotonya bersama AKP Mulyono.

Samsat Polda Metro Jaya

(Foto: Twitter/@solehsolihun)

Soleh menambahkan, sehari setelah kejadian yang hebohkan jagat maya itu, akhirnya di depan loket cek fisik kendaraan terpampang banner yang menegaskan bahwa cek fisik tidak dikenakan biaya sepeser pun.

"Update kisah cek fisik di Samsat, sehari setelah kejadian saya bayar Rp30 ribu, akhirnya di lokasi cek fisik sekarang dipasang banner yang bertuliskan bahwa cek fisik tidak dipungut biaya," tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini