Share

Tips Modifikasi Mobil Bekas bagi Pemula Biar Makin Keren, Perlu Dicoba Nih!

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Selasa 04 Oktober 2022 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 87 2679587 tips-modifikasi-mobil-bekas-bagi-pemula-biar-makin-keren-perlu-dicoba-nih-sqZ2eEXM17.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

MEMILIKI mobil impin menjadi keinginan bagi setiap pencinta otomotif. Modifikasi menjadi salah satu solusi agar hal tersebut dapat terwujud sekaligus menuangkan ide kreatifitas dari pemilik dan bengkel modifikator.

Anak muda di Indonesia biasanya menaruh minat besar dalam dunia modifikasi dengan memanfaatkan mobil bekas. Tak jarang juga mereka mengubahnya secara ekstrem agar menarik perhatian saat berada di jalan.

“Mobil modifikasi yang akan digunakan untuk harian itu pastinya harus nyaman. Tak perlu banyak perubahan main velg dan bodi kit tipis-tipis saja sudah ganteng,” kata Ari modifikator Akasia saat ditemui MNC Portal di IMX 2022.

Namun, memodifikasi mobil jelas membutuhkan keahlian dan kemampuan yang cukup agar mendapatkan hasil maksimal, terutama pada mobil bekas. Untuk itu, bagi para pemula, simak tips berikut dalam memodifikasi mobil besar agar tampil sempurna.

1. Menentukan konsep

Ini merupakan tahap awal yang harus dilakukan sebelum memodifikasi mobil bekas karena akan menentukan bakal menjadi seperti apa mobil Anda nantinya. Tanpa menentukan konsep, Anda bisa mengeluarkan lebih banyak uang.

Infografis Kendarai Mobil Matik

Menentukan konsep juga harus disesuaikan dengan jenis mobil bekas yang Anda miliki agar bentuknya tidak menjadi aneh. Ini juga memastikan mobil tetap dapat digunakan setelah dimodifikasi.

“Untuk pemula, kami selalu menanyakan konsumen maunya seperti apa, sporty, elegan, atau klasik. Lalu kami cocokkan velg dan menyesuaikan bodi kit,” ujar Ari.

2. Pastikan mesin sehat

Tak jarang ketika membeli mobil bekas terdapat masalah-masalah yang berasal dari mesin, sehingga ini menjadi hal yang perlu diperbaiki sebelum proses modifikasi dilakukan. Ari menyebutkan jika tampilan sudah bagus tapi mesin bermasalah, maka modifikasi menjadi tak berguna.

3. Mempersiapkan dana

Untuk memodifikasi mobil bekas, mempersiapkan dana menjadi sangat penting karena menentukan lama pengerjaan. Memilih mobil bekas yang sederhana juga sangat disarankan bagi pemula agar tak membutuhkan biaya besar saat memodifikasi.

Melakukan modifikasi pada bagian-bagian kecil tapi memberikan kesan sporty juga bisa dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Ini juga menjadi cara pemula untuk belajar modifikasi mobil bekas demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

“Mofikasi bagi kami itu passion. Jadi perlu bersabar untuk melakukan modifikasi. Jika dana sudah terkumpul baru membeli barang yang diinginkan. Kami sarankan untuk dilakuakn satu per satu,” ucap Ari.

4. Pilih bengkel

Biasanya setiap bengkel memiliki gaya dan referensinya masing-masing, sehingga penting bagi pemula untuk bertanya tentang konsep yang diinginkannya. Untuk itu, ada baiknya tidak hanya melakukan modifikasi pada satu bengkel saja.

Setiap bengkel akan memiliki penawaran yang berbeda ketika Anda ingin memodifikasi mobil bekas yang Anda miliki. Oleh karena itu, melakukan modifikasi di beberapa bengkel bisa menghemat pengeluaran.

5. Siapkan komponen modifikasi

Komponen yang paling sering dimodifikasi pada mobil bekas adalah velg. Pasalnya, kondisi velg pada mobil bekas kusam atau bahkan masih menggunakan velg kaleng. Mengganti dengan velg racing yang sesuai dengan ukuran mobil bisa menjadi solusi bagi pemula.

Infografis Sanksi Lampu Strobo

Komponen lain yang perlu dipersiapkan saat memodifikasi mobil bekas adalah body kit, audio, interior mobil, dan aksesoris. Beberapa komponen biasanya sulit ditemukan dan itu akan memakan biaya yang cukup besar.

“Kami dari Akasia memiliki beberapa komponen untuk modifikasi, tapi jika yang diminta konsumen tidak ada, kami bisa mencarikannya,” ungkap Ari.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini