Share

Adopsi Teknologi Formula E, Maserati Luncurkan Mobil Sport Listrik

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Selasa 04 Oktober 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 52 2680126 adopsi-teknologi-formula-e-maserati-luncurkan-mobil-sport-listrik-AVJKtKFkwD.JPG Mobil listrik pabrikan Maserati (Foto: Carbuzz)

MASERATI telah meluncurkan mobil sport GranTurismo terbaru yang sepenuhnya listrik berbasis baterai dengan nama Folgore, sesuai janji mereka pada dua tahun lalu.

Dikutip dari Carbuzz, model terbaru dari pabrikan asal Italia juga masih memiliki varian mesin pembakaran internal andalan Maserati, yakni Nettuno V6 yang digunakan pada MC20.

Mesin Nettuno V6 3.0 liter twin-turbo ditawarkan dalam dua varian, yaitu Modena yang menghasilkan tenaga 490 hp dan torsi puncak 599 Nm. Sedangkan versi Trofeo berperforma tinggi dapat menghasilkan tenaga 550 hp dan torsi 649 Nm.

Bobot mobil dengn kedua model mesin tersebut sama, yakni 1.795 kg, dan keduanya menggunakan transmisi otomatis delapan kecepatan. Sedangkan pada sistem pengereman memiliki enam piston Brembo yang terpasang di depan, dan empat piston di belakang.

Infografis Mobil Listrik

Model Modena dapat melaju 0-100 km/jam dalam 3,9 detik, dengan kecepatan tertinggi mencapai 302 km/jam. Sementara Trofeo mencapai 0-100 km/jam dalam 3,5 detik, dan kecepatan tertinggi mencapai 320 km/jam.

Menariknya, Maserati juga mengeluarkan GranTurismo Folgore yang sepenuhnya listrik berbasis baterai. Kendaraan listrik pertama Maserati ini dikembangkan dengan solusi teknis mutakhir yang berasal dari Formula E.

Menggunakan tiga motor magnet permanen 300 kW, model ini akan terus-menerus mentransmisikan tenaga sekitar 760 hp. Baterai yang digunakan Folgore memiliki kapasitas 92,5 kWh dan kapasitas pelepasan 560 kW.

Untuk membuat bobot mobil tetap ringan karena penggunaan baterai yang besar, Maserati menggunakan bahan alumunium dan magnesium pada Folgore. Hal tersebut membuat bobot keseluruhan mobil hanya 2.259 kilogram.

Bobot tersebut dapat membawa GT Folgore melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 2,7 detik dan kecepatan tertingginya mencapai 320 km/jam. Uniknya, mobil ini memiliki suara khas dari mesin Maserati V8.

Sementara untuk pilihan warna, Maserati memperlihatkan enam varian saat peluncuran, yakni Bianco (putih), Grigio Maratea (abu-abu), Grigio Maratea Matte, Nero Ribelle, Blu Emozione, dan Blu Nobile.

Mobil Listrik Maserati

(Foto: Carbuzz)

Tentu saja, beberapa nuansa khusus juga ditawarkan. Misalnya, model mesin Modena memiliki pilihan warna di Grigio Cangiante (abu-abu). Sementara mesin Trofeo diluncurkan di Rosso Granturismo (merah).

Untuk Folgore sendiri, warna yang diluncurkan adalah Rame Folgore (tembaga). Terdapat pilihan kustom warna, seperti Fuoriserie yang juga mencakup Giallo Corse.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini