Share

5 Tips Menghemat BBM Mobil Anda, Dijamin Irit

Tim Okezone, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 87 2680659 5-tips-menghemat-bbm-mobil-anda-dijamin-irit-pmJH9sEKEM.jpg Hurrican XCS Ultra Boost (Foto: eMShop)

Di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tentu penghematan bahan bakar menjadi penting. Agar pengeluaran untuk BBM tidak membengkak, Anda butuh tips menghemat BBM yang tepat.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghemat penggunaan BBM kendaraan.

Pilih BBM berkualitas

Kinerja mesin bergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan. Semakin baik bahan bakar yang digunakan maka kondisi mesin akan semakin baik dan bekerja optimal. Anda perlu memilih bahan bakar berkualitas tinggi yang sesuai dengan kondisi mobil. Selain itu, usahakan agar tidak menggunakan bahan bakar berkualitas rendah yang justru dapat mempercepat kerusakan mesin dan lebih boros BBM.

Bersihkan ruang mesin dan filter udara

Pastikan penyaring udara mobil bebas dari kotoran yang dapat mengganggu putaran mesin. Hambatan pada putaran mesin membuat kendaraan mengeluarkan bahan bakar yang lebih banyak ketimbang biasanya. Selain itu, Anda harus memastikan kondisi penyaring udara di mesin dalam kondisi bagus dengan cara mengganti secara berkala.

Lakukan tune-up secara rutin

Agar dapat mengetahui kondisi mobil, Anda perlu melakukan tune-up rutin. Keuntungan dari sering tune-up adalah tahu kondisi mobil sehingga begitu ada kerusakan dapat segera ditangani dan kerusakan tidak menyebar ke komponen lainnya.

Berkendara dengan kecepatan konstan

Agar dapat menghemat BBM, cobalah untuk berkendara dengan kecepatan yang konstan atau menjaga kecepatan kendaraan di level stabil. Apabila sering tiba-tiba berhenti atau tancap gas membuat bahan bakar yang dikeluarkan semakin banyak.

Berkendaralah dengan kecepatan yang konstan atau tidak lebih dari 80 kilometer per jam. Apabila ingin meningkatkan kecepatan, cobalah dengan cara bertahap agar bahan bakar yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini