Share

Bisa Celaka! Ban Pecah Saat Berkendara, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Tim Okezone, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 87 2680871 bisa-celaka-ban-pecah-saat-berkendara-jangan-lakukan-4-hal-ini-Lhjhl5ZoJD.JPG Ilustrasi: Kecelakaan kendaraan akibat ban pecah. (Foto: Antara)

JAKARTA - Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengendara mobil adalah ban pecah saat dikendarai. Ketika ban mobil pecah, keseimbangan kendaraan menjadi terganggu dan membuat kendaraan oleng ke arah ban pecah.

Ban pecah saat mobil sedang dikendarai membuat pengemudi merasa cemas, bingung dan panik. Karena, pada saat itu, posisi kemudi tidak lagi bisa untuk tetap lurus ke depan. Selain itu, ketika ban pecah kendaraan membuat pergerakan sendiri mengikuti kerusakan ban.

Penyebab kerusakan ban atau ban pecah bisa bermacam-macam, seperti halnya kekurangan tekanan udara, benda tajam, ban jarang dirawat dan juga terkena benda tumpul saat dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Meski rasa panik adalah sesuatu yang alamiah, namun ada baiknya untuk tetap mengontrol diri ketika ban mobil Anda pecah. Karena, rasa panik dapat membahayakan diri sendiri dan penumpang kendaraan Anda.

Selama ini banyak kecelakaan yang terjadi berawal dari rasa panik lantaran ban mobil pecah. Biasanya, ketika ada ban mobil yang pecah, umumnya pengemudi melakukan sesuatu yang justru membahayakan dirinya. Nah, ketika ban mobil Anda pecah, jangan lakukan enam hal ini, karena bisa mencelakai Anda. 

1. Rem mendadak

Ketika ban pecah, rem mendadak tidak akan menyelamatkan Anda, tapi jusru mencelakai pengendara. Rem mendadak saat ban pecah dapat membuat perubahan arah kendaraan secara drastis. Selain itu, kendaraan juga akan lebih sulit dikendalikan ketika hendak berkendara.

2. Lepas kemudi

Meski ban sedang pecah dan kendaraan jadi susah diarahkan, usahakan jangan melepas kemudi. Sebisa mungkin tahan kemudi Anda agar kendaraan tetap berjalan lurus dan tidak berbelok arah secara berlebihan. Memastikan kendaraan tetap lurus dapat menghindarkan mobil dari kecelakaan, terutama mencegah mobil terbalik.

3. Menginjak kopling

Jika Anda menggunakan mobil manual, cobalah untuk menghindari menginjak kopling. Menginjak kopling dapat membuat kendaraan justru melaju lebih cepat dan tidak terkendali. Menginjak kopling membuat kendaraan tidak punya daya hambat dari perputaran mesin. Selain itu, usahakan untuk tidak membuat kendaraan dalam kondisi netral.

4. Tambah kecepatan dan buru-buru menepi

Ketika ban mobil sedang pecah, cobalah untuk tidak menambah kecepatan hanya untuk buru-buru menepi. Hal yang harus Anda lakukan adalah melepaskan pedal gas secara perlahan dan turunkan giri secara gradual sembari menahan kemudi agar tetap lurus.

Sebelum Anda meminggirkan kendaraan, pastikan kondisi jalanan sudah aman untuk menepi. Selain itu, cobalah untuk menepikan kendaraan Anda secara perlahan dan nyalakan lampu darurat agar orang lain tahu bila kendaraan Anda bermasalah dan siapkan segitiga pengaman agar tidak mengganggu kendaraan lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini