Share

Cara Mencuci Helm Sendiri di Rumah, Ternyata Gampang Banget

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 87 2680893 cara-mencuci-helm-sendiri-di-rumah-ternyata-gampang-banget-s8zdrfv2zh.JPG Ilustrasi mencuci helm (Foto: Antara)

JAKARTA  – Helm merupakan salah satu perlengkapan keselamatan terpenting bagi pengguna sepeda motor. Meski begitu, perangkat ini jarang dicuci sehingga menjadi tempat kuman berkembang. Bahkan, jarang mencuci helm dapat mengakibatkan kulit kepala terasa gatal dan iritasi.

Kuman di helm dapat berkembang karena helm kerap basah akibat kehujanan dan terkena keringat. Semua kotoran yang menempel tersebut dapat menjadi tempat kuman tumbuh.

Padahal, mencuci helm sangat mudah dilakukan sendiri di rumah, dan jasa pencucian helm juga sudah banyak tersedia. Jika rutin dicuci, maka helm bisa terhindar dari bakteri dan kuman, serta mencegah kerusakan.

Apabila memiliki waktu luang saat berada di rumah dan ingin membersihkan sendiri helm Anda, maka simak cara tepat mencuci helm motor berikut, seperti dikutip dari laman Suzuki.

1. Bersihkan kaca helm

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian kaca helm. Untuk mempermudah proses pembersihan, kaca helm atau visor harus dilepas. Membersihkan kaca helm tanpa melepas kaca tersebut dapat membuat hasil yang didapat tidak maksimal.

Gunakan kain lap lembut agar kaca tidak tergores. Meski sepele, goresan dapat membuat tampilan kaca Anda kurang indah dan pandangan menjadi kabur.

Apabila kaca telah bersih, gunakan wax untuk membersihkan kaca helm. Penggunaan wax bermanfaat untuk membuat kaca kembali bening.

2. Lepas busa helm, rendam, cuci, dan jemur

Selanjutnya adalah melepas busa helm untuk mempermudah proses pencucian. Namun, apabila helm tidak dilengkapi dengan sistem “removable padding”, maka jangan melepas busa, ini akan membuat helm rusak jika memaksa untuk melepasnya.

Cuci busa helm menggunakan air sabun. Agar kotoran pada busa bisa dibersihkan lebih mudah perendaman perlu dilakukan menggunakan air sabun selama kurang lebih 30 menit.

Saat proses perendaman sudah selesai, pencucian helm bisa dilakukan dengan cara menyikat busa helm menggunakan sikat lembut. Bulu sikat lembut penting digunakan agar busa tidak rusak dan helm tetap awet.

Pastikan untuk membilas busa setelah selesai melakukan pencucian. Setelah itu, rendam kembali busa menggunakan pewangi pakaian selama 10 menit.

Perendaman ini dilakukan agar helm tidak cepat mengeluarkan bau apek. Namun, opsi ini bisa dilewati apabila tidak menyukai wewangian dari pewangi pakaian.

Apabila perendaman dengan pewangi sudah selesai, peras busa dengan perlahan agar tidak rusak lalu segera jemur di bawah sinar matahari. Pastikan menjemur busa di sinar matahari yang terik agar busa bisa kering menyeluruh.

3. Cuci bagian luar helm

Ambil lap bersih lalu Anda bisa menyeka bagian luar helm menggunakan lap tersebut, dan pastikan lap yang digunakan lembur agar tidak menimbulkan goresan. Selanjutnya, gunakan wax untuk membuat tampilan luar helm mengkilap.

Apabila ada kotoran membandel yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan lap, maka pencucian juga harus dilakukan. Namun, pencucian hanya perlu menggunakan busa yang telah diberi sabun agar cat dan stiker pada helm tidak mengelupas.

4. Lakukan pemasangan ulang

Setelah proses pencucian selesai dan seluruh bagian helm kering, maka perlu dilakukan pemasangan ulang pada seluruh komponen dengan tepat. Pastikan pula setiap bagian telah terpasang dengan baik, dan jangan sampai ada bagian yang terlewat.

5. Semprot helm menggunakan pewangi

Setelah seluruh proses pencucian helm selesai, langkah terakhir adalah memberikan pewangi. Pilih pewangi yang mengandung anti kuman (desinfektan) agar meminimalisir bau dan membunuh kuman yang menempel pada helm.

Pilih pewangi yang segar dan cepat meresap, jangan menggunakan pewangi dengan tekstur yang sulit meresap karena akan membuat busa helm lembab. Jika perlu, helm dijemur kembali setelah disemprot dengan pewangi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini