Share

Ramah di Telinga, Berikut Cara Mudah Redam Suara Knalpot Racing

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 87 2681278 ramah-di-telinga-berikut-cara-mudah-redam-suara-knalpot-racing-Drnt4fGcFc.jpg Ilustrasi Knalpot Racing (Foto: Antara)

JAKARTA – Penggunaan knalpot racing memang dapat mendongkrak performa kendaraan dan memberikan tampilannya semakin gagah. Tapi, pada saat yang sama suara bising knalpot racing membuat pengendara lain kesal.

Suara bising inilah yang membuat knalpot ini tidak layak dipakai berkendara harian. Selain itu, menggunakan knalpot racing di jalanan tanpa izin yang jelas bisa mendapat sanksi tilang dari aparat.

Diketahui, aturan terkait tingkat kebisingan kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 7 Tahun 2009. Aturan tersebut berbunyi, knalpot sepeda motor dengan kapasitas mesin 80cc memiliki batas kebisingan hingga 77 desibel. Kapasitas mesin 80-175cc batas kebisingannya 83 desibel.

Regulasi lainnya yang mengatur bunyi knalpot adalah UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 juga mengatur tentang knalpot.

Namun, masih ada cara untuk menggunakan knalpot racing, yaitu dengan meredam suaranya agar tidak terlalu berisik. Caranya adalah dengan melihat isi di dalam silencer knalpot yang biasanya terdapat busa peredam, pipa, dan beberapa plat penyekat.

Dikutip dari Tataaig, Knalpot terbuat dari tabung berlubang yang membelokkan gelombang suara yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor untuk mengurangi kebisingan knalpot.

Penyebab berisiknya kenalpot racing bisa berasal dari bagian silinder yang terdapat pipa saringan, serta pipa ini mempunyai diameter yang lebih kecil dari lingkaran luar silincernya.

Hal tersebut minciptakan ruangan antara pipa saringan dan silencer. Pipa saringan inilah yang seringkali menimbulkan adanya getaran berlebih serta membuat suara knalpot jadi lebih berisik.

Solusinya adalah dengan menambahkan peredam getaran kedalam silencer. Tepatnya meletakkan di antara pipa saringan serta silencer. Peredam tersebut dinamakan Glasswool, atau disebut juga dengan Gesbul.

Komponen yang berbentuk seperti kapas atau kain ini memang memiliki fungsi khusus dalam meredam getaran pada knalpot racing. Bahan ini juga mempunyai sifat tahan panas, jadi tidak akan mudah terbakar.

Terdapat dua jenis glasswool yang umumnya digunakan, yaitu yang berwarna putih serta berwarna kuning. Untuk yang berwarna putih, biasanya mempunyai kualitas yang lebih baik, sebab lebih tahan terhadap panas.

Cara lain adalah dengan menambahkan DB Killer yang mampu meredam suara knalpot racing. Ini merupakan komponen kecil yang bisa ditambahkan pada moncong knalpot.

Saat ini, produsen knalpot racing biasanya sudah menjual memasukkan DB Killer dalam penjualannya. Itu ditujukan agar suara motor tetap ramah ketika dipakai berkendara harian dan dapat dibuka ketika sedang berada di pameran modifikasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini