Share

Catat! Komponen Ini Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 87 2682044 catat-komponen-ini-wajib-dicek-saat-musim-hujan-iQo1JQ6l5s.JPG Ilustrasi pengecekan komponen mobil di musim hujan. (Foto: Antara)

JAKARTA - Ketika musim hujan tiba, pemilik kendaraan perlu memperhatikan kondisi kendaraannya dan mengecek komponen mobil. Pemeriksaan secara berkala komponen mobil saat musim hujan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Komponen yang penting untuk dicek ketika musim hujan tiba meliputi alat penerangan, ban, rem dan wiper. Komponen tersebut rawan bermasalah ketika musim hujan tiba.

Lampu

Komponen penting yang dapat membantu pengendara mendapatkan visibilitas yang baik adalah lampu. Komponen ini penting untuk diperhatikan kondisinya, terutama pada saat hujan deras di malam hari.

Sebelum berkendara, pastikan lampu kendaraan dalam kondisi baik agar pengendara lain mengetahui posisi kendaraan Anda.

Pastikan juga meter cluster, lampu sign, headlamp, hazard, brake lamp, lampu senja dan lampu lainnya. Meski kabel listrik pada kendaraan dibuat dari bahan yang anti air, namun pastikan tidak ada kabel yang terkelupas akibat gigitan hewan. Karena, pada saat hujan tiba, kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada kendaraan Anda.

Wiper

Selain lampu, alat lain yang tak kalah penting untuk diperiksa ketika memasuki musim hujan adalah wiper. Alat ini berfungsi untuk menyapu air hujan yang jatuh ke kaca mobil. Air hujan dapat mengganggu visibilitas dan membahayakan Anda dan orang lain.

Ketika memeriksa wiper, pastikan karetnya dalam kondisi baik agar dapat berfungsi membersihkan kaca mobil dari air dan kotoran. Pastikan karet wiper tidak mengeras dan sulit bergerak. Selain itu, pastikan juga agar tabung air wiper dan nosel penyemprot berfungsi dengan baik agar kaca mobil tidak terkena endapan lumpur yang mengotori kaca mobil.

Rem

Komponen penting lainnya yang wajib diperhatikan di musim hujan adalah rem mobil. Rem dibutuhkan bukan hanya pada saat musim kemarau, tapi juga dibutuhkan saat musim hujan tiba.

Di musim hujan, fungsi rem sangat vital karena jarak pengereman kendaraan di musim hujan relatif lebih panjang dibandingkan dengan musim kemarau.

Saat mengecek rem, pastikan kampas rem dalam kondisi terbaik. Bila kondisi rem sedang baik, tidak akan terdengar gesekan antara dua logam.

Ban

Komponen penting yang berhubungan dengan keselamatan pengendara saat musim hujan tiba adalah ban mobil. Komponen ini perlu diperhatikan kelayakannya. Jangan sampai menggunakan ban yang sudah gundul telapaknya untuk berkendara di musim hujan atau jalanan licin.

Ban yang sudah licin atau botak dapat membuat kendaraan kehilangan traksi atau terpeleset. Oleh karena itu, jika ban mobil sudah tidak layak cobalah ganti dengan yang baru atau yang masih baik alur bannya. Selain itu, pastikan tekanan angin sesuai dengan anjuran di buku petunjuk pabrikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini