Share

Ban Mobil Sering Kempes? Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Tim Okezone, Okezone · Minggu 09 Oktober 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 08 87 2683237 ban-mobil-sering-kempes-mungkin-4-hal-ini-penyebabnya-1xarhiLvyw.jpg Ilustrasi ban kempes. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Masalah yang kerap dihadapi pemilik mobil adalah ban sering kempes atau tekanan anginnya tidak sesuai dengan standar. Kebiasaan mengendarai mobil dengan ban kempes dapat berdampak buruk pada ban mobil Anda dan bahkan berisiko kecelakaan.

Jika dibiarkan, masalah ban kempes dapat membuat ban mobil Anda retak dan pecah. Jika ini terjadi, bukan hanya membahayakan diri Anda, tapi juga orang lain.

Masalah ban mobil sering kempes tidak bisa disepelehkan. Karena ban menentukan kenyamanan dan keamanan pengendara. Oleh karena itu, pengendara harus senantiasa mengecek tekanan angin pada ban. Berikut penyebab ban mobil sering kempes.

Suhu udara

Suhu udara dapat mempengaruhi tekanan angin yang ada di ban. Bila mobil Anda terparkir di tempat bersuhu dingin, kemungkinan besar tekanan angin pada ban akan menurun secara signifikan.

Suhu yang dingin dapat membuat material karet mengkerut sehingga terbentuk ruang kosong di antara ban dan velg sehingga membuat udara keluar sedikit demi sedikit.

Bocor halus

Masalah ban kempes yang paling sering terjadi adalah bocor halus. Penyebab kendaraan bocor halus bisa jadi karena serpihan kaca, potongan kawat atau kerikil. Oleh karena itu disarankan setelah berkendara di jalanan yang kurang baik hendaknya mengecek kondisi ban.

Pastikan tidak ada serpihan ban, kaca atau potongan kawat kecil yang menancap pada telapak ban. Mengecek ban penting dilakukan karena biasanya bocor halus tidak terjadi begitu saja, melainkan karena ada serpihan kecil yang menancap dalam waktu yang lama dan dibiarkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Velg mobil rusak

Ban sering kempes juga bisa terjadi karena kerusakan velg ban. Kerusakan velg mengakibatkan dudukan ban tidak menempel sehingga angin di dalam ban keluar.

Menghindari kerusakan velg adalah dengan membiasakan diri berkendara dengan kecepatan normal. Hal penting lainnya untuk menjaga kerusakan velg adalah dengan menghindari jalanan yang rusak.

Kerusakan pentil

Komponen ban yang wajib dijaga adalah pentil ban. Pastikan pentil di ban mobil Anda dalam kondisi baik sehingga tidak ada udara yang keluar dari sana. Setiap memeriksa pentil ban, usahakan melihat di sekitar segel dan pastikan tidak ada celah. Kerusakan akibat pentil umumnya terjadi karena velg ban mobil berkarat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini