Share

5 Tips Menaikkan Harga Jual Mobil, Dijamin Cuan

Fidila Anjani, Okezone · Kamis 13 Oktober 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 87 2686476 5-tips-menaikkan-harga-jual-mobil-dijamin-cuan-IbCvEuELtZ.jpg Ilustrasi menjual mobil bekas. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Harga mobil bekas umumnya selalu lebih rendah dibanding harga belinya. Namun, ada kendaraan-kendaraan tertentu yang harga jualnya justru jauh lebih tinggi dibandingkan saat pertama membeli.

Hampir semua mobil bekas memiliki standar harga beli tersendiri, sehingga ketika pemilik kendaraan ingin menjual mobilnya, akan mengacu dari patokan harganya di pasaran, begitu juga orang yang hendak membeli.

Tapi, standar harga tersebut bukanlah patokan utama dalam menentukan harga mobil bekas di pasaran. Karena, harga yang ditetapkan penjual bergantung dari harga pasaran dan juga kondisi mobil tersebut.

Jika ingin mobil Anda terjual di pasaran dengan harga tinggi, maka jangan abai dengan kondisi kendaraan. Anda bisa melakukan sesuatu agar harganya bisa merangkak naik.

1. Poles mobil jika pudar

Mengecat mobil. (Foto: Autotrainingcentre)

Tampilan luar mobil adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Jangan harap calon pembeli akan melirik mobil Anda jika tampilan luarnya buruk. Meski begitu, bodi luar yang baik dan licin tidak jaminan pasti dibeli. Karena, calon konsumen akan menilai dari berbagai aspek seperti harga, kondisi mesin dan kelengkapan surat-surat.

Harapan dari memoles bodi mobil bisa dibilang merupakan cara meningkatkan minat orang yang hendak menjajal mobil Anda. Semakin banyak orang yang menjajal mobil Anda, semakin banyak kesempatan mobil Anda terjual.

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karena itu, hal yang penting harus dilakukan adalah memoles mobil dan mengembalikan seperti sebagaimana aslinya. Jika Anda tidak tahu warna aslinya, maka coba melihat di sekitar pintu yang merupakan bagian yang jarang terkena sinar matahari dan bahan kimia.

Meski warna asli mobil tidak bisa kembali seperti semula, paling tidak kondisi luar mobil tetap baik, licin dan mengkilap. Ini adalah cara yang baik dalam mendorong calon pembeli menjajal mobil Anda.

2. Bersihkan lampu depan

Membersihkan lampu mobil. (Foto: themanual.com)

Berikan perawatan pada semua lampu mobil agar nyalanya terang. Nyala mobil bisa nampak seperti baru ketika debu-debu kusam di lampu dibersihkan. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih agar lebih mengkilat dalam hitungan menit.

3. Buat roda mengkilap

Membersihkan ban. (Foto: Bobjane.com.au)

Usahakan untuk membuat roda mobil dan pelek dalam kondisi terbaik atau mengkilap. Membersihkan sisa debu di pelek akan membuat mobil Anda lebih diminati. Kebersihan mobil akan membuat calon pembeli berpikir Anda merawat kendaraan tersebut dengan baik.

4. Bersihkan interior mobil

Membersihkan interior mobil. (Foto: Mastercraftautobodyshop)

Selain bagian luar, interior mobil juga harus diperhatikan kebersihannya. Cobalah mengeluarkan karpet mobil dan bersihkan dengan menggunakan air. Bersihkan sela lipatan dan bagian yang tidak terjangkau dengan menggunakan vakum. Bersihkan juga bagian kemudi, rem dan bagian kabin.

5. Lengkapi surat mobil

Kelengkapan surat-surat mobil juga menjadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli mobil. Harga mobil dengan surat-surat yang masih berlaku relatif lebih mahal ketimbang mobil yang suratnya mati atau kadaluarsa.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini