Share

Wow! Ternyata Rumput Laut Bisa Jadi Pengganti Lithium di Baterai Mobil Listrik

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 16 Oktober 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 16 52 2688195 wow-ternyata-rumput-laut-bisa-jadi-pengganti-lithium-di-baterai-mobil-listrik-3YlHwayhyv.JPG Ilustrasi mobil listrik. (Foto: Antara)

JAKARTA โ€“ Peningkatan produksi baterai listrik di berbagai belahan dunia mendorong para ilmuan mencari alternatif lithium sebagai bahan baku pembuatan beterai. Langkah ini ditempuh dalam rangka mengurangi ketergantungan produsen mobil listrik pada lithium.

Sebagian ilmuan menilai, konversi dari kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik memicu ketergantungan lithium dan kebutuhan jaringan listrik dalam sekala besar. Selain itu, harga lithium akan meroket lantaran jumlahnya menipis.

Hal ini menjadi tantangan dalam produksi kendaraan listrik di seluruh dunia. Namun, ilmuan menemukan bahwa rumput laut menjadi alternatif pengganti lithium. Penemuan ini menjadi solusi keterbatasan lithium di masa depan. Karena, jumlah rumput laut berlimpah di lautan.

Material ini dapat menimbulkan pertumbuhan dendrit yang tidak terkendali yang menembus separator baterai dan mengakibatkan korsleting.

Follow Berita Okezone di Google News

โ€œTujuan dari separator adalah untuk memisahkan bagian-bagian yang berfungsi dari baterai dan memungkinkan pengangkutan muatan secara bebas,โ€ kata Jing Wang, Penanggung Jawab dan Ph.D. mahasiswa di Bristol Composites Institute seperti dilansir Carbuzz.

Penemuan ini juga memungkinkan pembuatan teknologi penyimpanan baterai jadi lebih ramah lingkungan dan murah dari segi produksi. Meski masih belum ada rencana pembuatan baterai dari rumput laut dalam waktu dekat, namun penemuan ini dapat memastikan kendaraan listrik terus berkelanjutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini