Share

Lakukan 5 Hal Ini Agar Ban Mobil Tetap Awet

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Senin 17 Oktober 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 87 2688324 lakukan-5-hal-ini-agar-ban-mobil-tetap-awet-a5fcH7ocpL.JPG Ilustrasi merawat ban mobil. (Foto: Outdoorlife)

JAKARTA – Ban adalah salah satu komponen yang mempengaruhi keselamatan berkendara. Oleh karena itu, merawat ban dengan menjaganya dari kerusakan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan pemilik kendaraan, terutama pada pemilik kendaraan yang sering melakukan perjalanan jauh.

Dilansir dari Dunlop, Komponen ban yang harus dijaga adalah kualitas karet ban. Karena, bagian inilah yang berhadapan langsung dengan aspal jalan. Karet ban yang baik adalah yang bertekstur kenyal dan tidak keras. Nah, berikut tips menjaga karet ban agar tetap baik:

1. Menjaga tekanan angin

Tekanan angin pada ban mobil

Agar karet ban awet, pemilik kendaraan harus memperhatikan tekanan angin di dalam ban. Tekanan angin yang terlalu tinggi dapat membaut karet ban cepat aus. Sebaliknya, terlalu rendah tekanannya dapat membuat ban menerima beban berat kendaraan.

Selain menjaga tekanan angin pada ban yang terpasang, pemilik kendaraan perlu menjaga tekanan angin pada ban serep atau cadangan. Hal ini penting dilakukan agar ketika ban bocor atau kondisi mendadak, pemilik mobil dapat langsung menggantinya.

2. Merawat sesuai jenis

Ban truk. (Foto: moderntiredealer)

Perawatan ban tidak bisa dipukul rata. Setiap ban memiliki karakteristik dan metode penanganan tersendiri. Ada ban yang bersifat tahan lama, ada juga ban yang harus sering dirotasi karena tingkat aus pada tiap sisinya berbeda.

Hal penting untuk dilakukan adalah mengetahui jenis ban yang digunakan. Sebelum memutuskan membeli ban, konsultasikan terkait perawatan ban kepada penjual atau ahli agar mengetahui jenis perawatan yang tepat unruk ban mobil Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Pilih parkiran yang teduh

Parkir mobil. (Foto: rec.co.uk)

Agar ban kendaraan tetap awet, pastikan untuk memarkir kendaraan di tempat teduh. Karena, cuaca terik adalah salah satu musuh terbesar ban kendaraan.

Semakin lama terpapar panas, semakin berkurang kualitas ban dan mengeras. Pemilik kendaraan juga disarankan tidak memarkir di tempat lambat agar tidak berkurang kualitasnya.

4. Membersihkan sela ban

Mencuci ban. (Foto: goldeagle)

Agar ban lebih awet, pemilik kendaraan perlu membersihkan ban setelah melewati jalanan berlumpur atau berpasir. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada serpihan batu yang tersangkut di telapak ban. Batu yang terselip itu berpotensi merusak telapak ban jika dibiarkan. Menunda-nunda membersihkan kotoran dapat membuat ban mengeras dan serpihan tersebut sulit dibersihkan.

Pemilik kendaraan juga perlu membersihkan ban dengan cairan khusus yang mengandung silikon. Kandungan silikon baik untuk mencegah karet ban mengeras dan getas. Cairan ini bisa didapatkan di toko otomotif.

5. Spooring dan balancing

Spooring and balancing. (Foto: Nissan)

Pemilik kendaraan perlu memastikan telapak ban berada di posisi yang pas atau tidak miring. Jika telapak ban miring, maka perlu diberikan perawatan spooring dan balancing. Perawatan ini dapat membuat permukaan telapak ban berada dalam posisi yang rata di aspal sehingga karet ban dapat tahan lama.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini