Share

Askarindo: Perusahaan Karoseri Tak Boleh Sembarangan Buat Bodi Bus

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Selasa 18 Oktober 2022 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 52 2689178 askarindo-perusahaan-karoseri-tak-boleh-sembarangan-buat-bodi-bus-9KGxqcXVXo.jpg Perusahaan Karoseri. (Foto: Antara)

JAKARTAIndustri karoseri tidak boleh lagi asal-asalan dalam merancang bodi bus. Pembuatan karoseri kendaraan harus berorientasi mengutamakan keselamatan penumpang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) Sommy Lumadjeng dalam konferensi pers Busworld Southeast Asia 2022.

Menurut Sommy, industri karoseri bertanggung jawab penuh atas keselamatan dan keamanan penumpang. Tanggung jawab ini diberikan karena perusahaan karoseri adalah pihak yang membangun kerangka bodi, mengatur kursi dan sistem keselamatan.

Ilustrasi produk karoseri bus. (Foto: Antara)

Pembuatan karoseri, kata Sommy, harus melalui proses pengujian dengan komputer secara digital dan melalui perhitungan fisik. Pengujian ini membuat perusahaan karoseri tidak bisa sembarangan membuat karoseri.

Bahkan, Sommy menjelaskan bahwa pengujian dilakukan dengan komputer secara digital dan perhitungan secara fisik. Ini membuat karoseri tidak bisa sembarangan lagi dalam membuat bodi bus. Sebelumnya, perusahaan karoseri bisa asal membuat bodi kendaraan tanpa melalui proses pengujian.

“Sebelumnya, karoseri itu kalau buat bus ya tinggal buat saja. Mungkin saat itu kita lupa kalau kita itu membawa manusia bukannya hewan. Tapi, saat ini keselamatan itu benar-benar diutamakan,” ujar Sommy.

Follow Berita Okezone di Google News

(CDV)

1
1
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini