Share

Pasar MPV Terus Tumbuh di Indonesia, Begini Kata Pakar Otomotif

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Jum'at 21 Oktober 2022 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 52 2692088 pasar-mpv-terus-tumbuh-di-indonesia-begini-kata-pakar-otomotif-HODdgsEarw.jpeg Lexus LX 570. (Foto: Antara)

JAKARTA – Mobil-mobil di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) masih tetap jadi primadona di Indonesia. Minat pasar pasar yang semakin besar membuat varian di segmen ini kian meningkat, seperti halnya LCGC MPV, High MPV, Medium MPV hingga Low MPV.

Potensi pasar MPV yang cukup besar dapat dilihat dari data penjualan mobil di Indonesia. Pasar MPV di Indonesia mendominasi dan lebih dari separuh total penjualan mobil.

Beberapa unit yang laris manis di pasaran adalah produk seperti Kijang Inova, Avanza, Calya, Daihatsu Sigra dan Mitsubishi Xpander.

Pengamat Otomotif Bebin Djuana menilai, minat masyarakat pada MPV tidak terjadi begitu saja. Banyak aspek yang membuat minat pasar tertuju pada MPV, seperti harga jual dibanding segmen lain, pajak, kapasitas mesin.

Low MPV Mitsubishi Xpander. (Foto: Mufrod/Okezone)

Sementara faktor yang membuat MPV kian diminati pasar usai pandemi Covid-19 adalah pemberian stimulus berupa PPnBM. Inilah yang membuat MPV lebih diminati ketimbang segmen sedan.

β€œYang terkenal di Indonesia adalah MPV. Itu sudah tidak perlu diperdebatkan,” kata Bebin di momen tes drive Chery Tiggo.

Menurutnya, hal inilah yang membuat pasar MPV terus diminati di Indonesia. Pasar MPV yang manis di Indonesia juga turut mengundang pabrikan dari berbagai negara untuk bersaing habis-habisan di segmen ini. Hal ini berdampak pada harga MPV di pasaran menjadi ikut bersaing.

(CDV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini