Share

Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan Sampai Tertipu

Fidila Anjani, Okezone · Jum'at 21 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 87 2691619 tips-membeli-mobil-bekas-jangan-sampai-tertipu-TzRO9sLLWE.jpg

JAKARTA – Membeli mobil memang tidak harus selalu baru. Jika memang uang Anda tidak cukup tapi sudah ada kebutuhan memiliki mobil, maka carilah mobil bekas. Karena, tidak selamanya mobil bekas itu buruk. Selain itu, membeli mobil bekas tidak selalu membuat Anda rugi.

Berikut tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu.

Sesuaikan budget

Tentukan dulu berapa budget yang Anda miliki dan sesuaikan dengan mobil yang ingin Anda beli. Meski hendak membeli mobil bekas, jangan mencari mobil yang harganya di luar kemampuan Anda. Jangan sampai perencanaan keuangan Anda kacau hanya karena membeli mobil bekas.

Cobalah mencari tahu mobil siapa yang Anda beli. Cobalah untuk riset mengenai profil penjual, track recordnya selama menjual mobil dan kalau memungkinkan lihatlah testimoni orang yang pernah membeli kepadanya.

Hal ini dapat melindungi Anda dari penipuan karena memilih penjual yang baik dan punya komitmen untuk menomorsatukan kepuasan konsumen.

Cek interior dan eksterior mobil

Sebelum memutuskan membeli, cek kondisi iterior mobil dan eksteriornya. Hal ini penting dilakukan karena mobil yang Anda beli bukanlah mobil baru sehingga mengecek kondisi interior dan eksterior kendaraan penting untuk dilakukan.

Bagian interior mobil yang perlu dicek adalah AC, sistem audio, lampu, setir mobil dan kenyamanan kursi mobil. Pastikan juga mobil yang Anda beli lantai dan kursinya bersih. Pastikan tidak ada kotoran mengendap atau berkerak untuk memastikan mobil itu tidak pernah terendam banjir.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara untuk bagian eksterior, cobalah untuk cek kaca mobil, cat mobil, panel pintu, dan kap mesin, ban mobil serta kampas rem.

Cek kondisi mesin

Bagian yang tak kalah penting dicek adalah kondisi mesin mobil. Jangan sampai Anda tidak sempat memeriksa kondisi mesin mobil secara cermat dan teliti. Pastikan tidak ada kebocoran oli di blok mesin, dengarkan suara mesin dan asap yang dikeluarkan mobil. Kemudian, bagian penting lainnya adalah cek aki dan cairan pada mobil.

Pastikan penjual mobil mempersilahkan Anda untuk test drive. Ini penting dilakukan, karena nantinya Anda yang akan mengendarai mobil itu. Pastikan kondisi laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi hingga kaki-kaki mobil.

Periksa kelengkapan dokumen

Kemudian, setelah Anda cocok dengan mesin mobil, barulah cek kelengkapan dokumen, baik BPKB dan STNK. Anda harus cek nomor rangka kendaraan dan pastikan sesuai STNK dan BPKB. Jangan sampai Anda tertipu dan membeli mobil curian. Sebagus apapun kondisi mesin kendaraan, jangan pernah membeli mobil curian.

Periksa riwayat servis

Memeriksa riwayat servis penting dilakukan untuk memastikan kendaraan Anda terawat dengan baik. Mengecek riwayat servis penting dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil yang Anda beli.

Membawa ahli mekanik

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah untuk membawa ahli mekanik. Membawa ahli mekanik dapat membantu Anda mendapat gambaran objektif mengenai kondisi mobil, terlebih jika Anda tidak mengetahui seputar otomotif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini