Share

Berikut Perbedaan Kode SAE, JASO, dan API pada Pelumas, Jangan Sampai Salah

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 23 Oktober 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 23 87 2692823 berikut-perbedaan-kode-sae-jaso-dan-api-pada-pelumas-jangan-sampai-salah-ahMqVPAjvU.JPG Ilustrasi mengganti oli mobil. (Foto: Antara)

JAKARTA – Salah satu pengetahuan yang wajib diketahui oleh pemilik kendaraan terkait pelumas adalah kode SAE, JASO dan API yang tertera pada kemasan oli. Pemahaman mengenai kode oli menghindarkan pemilik kendaraan salah memilih pelumas.

Kode-kode tersebut merupakan tanda kekentalan dan kegunaan pada oli mesin mobil dan motor. Seperti halnya kode SAE adalah yang kerap digunakan untuk mobil Jepang dan Eropa. Sedangkan kode API biasa digunakan untuk mobil Amerika dan JASO untuk kode untuk oli mesin motor.

1. Kode Oli SAE

Ilustrasi. (Foto: Antara)

Society of Automotive Engineer (SAE) adalah asosiasi yang mengatur standarisasi di berbagai bidang seperti rancang desain teknik dan manufaktur.

Pada kemasan oli tertera kode SAE 10W-30, 10W-40, atau 20W-40, dan20W-50. Huruf W pada kode tersebut merupakan singkatan dari β€œwinter”. Pelumas ini disesuaikan untuk musim dingin dan panas, sehingga ketika suhu dingin olinya tidak mengental. Semakin kecil kode SAE maka semakin encer oli tersebut.

2. Kode Oli API

Ilustrasi. (Foto: Antara)

American Petroleum Institute (API) merupakan kode standar penentu kualitas oli mesin mobil. Pada kode API terdapat dua huruf tambahan, seperti API SN atau API CH. Kode β€œS” diperuntukkan pada kendaraan mesin bensin dan mesin diesel ditandai dengan huruf β€œC”.

Follow Berita Okezone di Google News

Huruf kedua pada kode API SN untuk kendaraan berbahan bakar bensin untuk kendaraan yang lebih baru. Kualitas kode tersebut berarti oli tersebut kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan kode API SG. Semakin bagus kualitas oli, maka kode alfabetnya semakin jauh atau mendekati huruf Z.

Meski begitu, kendaraan lama tidak direkomendasikan untuk alfabet yang mendekati Z, karena mesin mobilnya dirancang untuk menerima kekentalan tertentu atau sesuai masanya.

3. Kode Oli JASO

Ilustrasi. (Foto: Antara)

Japanese Automotive Standart Association (JASO) merupakan lembaga asal Jepang yang mengecek standar kualitas oli. Kode oli ini khusus untuk motor.

Kode JASO biasanya diikuti dengan MA atau MB. Keduanya diperuntukkan pada pemakaian yang berbeda. JASO MA untuk motor motor kopling basah seperti bebek dan sport. Pelumas ini digunakan untuk membeikan gesekan agar kopling tidak selip saat mesin motor bekerja.

JASO MB digunakan khusus motor metik atau kopling kering di mana koplingnya tidak terendam oli. Daya gesekan yang dimiliki oli ini lebih rendah dibandingkan JASO MA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini