Share

Mobil Listrik Lebih Menarik, Ford Bakal Suntik Mati Fiesta pada Juni 2023

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Kamis 27 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 52 2695418 mobil-listrik-lebih-menarik-ford-bakal-suntik-mati-fiesta-pada-juni-2023-tuby3aN8bp.JPG Ford Fiesta. (Foto: Antaranews)

JAKARTA – Presiden Ford Motor Europe Martin Sander mengonfirmasi kebenaran kabar Fiesta bakal berhenti diproduksi. Hatchback andalan Ford itu bakal disuntik mati pada Juni 2023.

Dikutip dari AutoExpress, alasan Ford menyuntuk mati hatchback andalannya tersebut adalah karena ingin fokus pada pengembangan mobil listrik.

Selain itu, regulasi terkait kendaraan ramah lingkungan yang cukup ketat di Eropa membuat Ford kian mantap dengan keputusannya tersebut.

Ford Fiesta juga rutin menduduki puncak grafik pendaftaran tahunan Society of Motor Manufacturers and Traders. Meski begitu, Fiesta tidak masuk dalam 10 daftar 10 besar pada 2021. Bahkan setelah dibuatkan versi faceliftnya pun tak membuat mobil ini tembus 10 besar pada 2022.

Keputusan Ford menyuntik mati Fiesta juga tidak lepas dari peningkatan biaya produksi mobil kecil. Di sisi lain, saat ini mobil jenis SUV kecil dan crossover yang laris di pasaran membuat Ford ingin ikut ambil bagian di segmen tersebut.

“Kami ingin kendaraan listrik di seluruh portofolio Ford kami pada 2035,” kata Sander seperti dilansir AutoExpress.

Ia menuturkan, pengembangan kendaraan listrik masa depan akan diikuti dengan penghentian produksi S-Max dan Galaxy di Valensia, Spanyol pada April 2023. Kemudian produksi Fiesta di Cologne, Jerman juga akan dihentikan pada akhir Juni 2023.

“Kami akan memperkenalkan tiga mobil listrik baru dan empat kendaraan listrik komersial di Eropa pada 2024. Kami berencana menjual lebih dari 600.000 kendaraan listrik hingga 2026,” kata Sender.

Follow Berita Okezone di Google News

Komitmen Ford pada kendaraan listrik juga terlihat saat mengonfirmasi bahwa Puma, basis dari Ford Fiesta, akan menjadi mobil listrik sepenuhnya pada 2024.

Itu merupakan salah satu dari tiga mobil listrik baru yang disebutkan dalam pernyataan Sander, bersama dengan dua SUV baru, dan crossover. Keduanya didasarkan pada platform Volkswagen Group MEB sebagai bagian dari ikatan antara kedua perusahaan.

Meski Puma akan dibuat versi listriknya, namun Ford tak berniat melakukan hal yang sama pada Fiesta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini