Share

Chip Masih Langka, Toyota Ganti Smart Key Jadi Kunci Konvensional

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Kamis 27 Oktober 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 52 2695782 chip-masih-langka-toyota-ganti-smart-key-jadi-kunci-konvensional-4d16ea2w4g.jpg Ilustrasi krisis chip semikonduktor. (Foto: reuters)

JAKARTA – Kelangkaan chip semikonduktor tidak hanya membuat pabrikan otomotif di seluruh dunia mengurangi produksi, tapi juga mengurangi teknologi smart key.

Dikutip dari Reuters, Toyota akan mengganti salah satu dari dua smart key pada mobil yang akan dikirim ke konsumen mereka di Jepang.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat pengiriman unit kepada konsumen yang telah menunggu lama akibat kelangkaan chip semikonduktor.

“Akibat krisis chip semikonduktor berlanjut, ini merupakan tindakan sementara yang bertujuan untuk mengirimkan mobil kepada pelanggan secepat mungkin,” kata Toyota, dilansir dari Reuters.

Toyota menyampaikan permohonan maaf kepada konsumen terkait rentetan akibat kelangkaan chip semikonduktor. Pada keterangan yang sama, Toyota mengaku bakal segera memproduksi smart key kedua yang nantinya dapat ditukar dengan kunci konvensional.

“Untuk smart key kedua, kami berencana untuk menyerahkannya sesegera mungkin setelah siap,” lanjut Toyota dalam keterangannya.

Diketahui, kelangkaan chip semikonduktor secara global mengakibatkan kendala dalam produksi dan pengiriman unit mobil. Saat ini sudah banyak konsumen Toyota yang dibuat menunggu lama terkait masalah ini.

Sementara itu, pasokan mobil Toyota di Indonesa masih aman. Hal itu disampaikan oleh CSD & Markom Dep. Head Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani.

Menurutnya, produk-produk yang paling banyak peminat juga tak perlu inden dalam waktu lama.

“Kalau untuk penjualan sudah mulai membaik, bahkan saat ini sudah mendekati angka penjualan tahun 2019. Pada September 2022, market shares di Auto2000 sudah mencapai 40 persen. Sudah hampir sama seperti sebelum pandemi,” kata Tantri saat ditemui MNC Portal di Pasar Kemis, Tangerang, Senin (24/10/2022).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini