Share

Kesalahan Fatal yang Kerap Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Fidila Anjani, Okezone · Minggu 30 Oktober 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 30 52 2697444 kesalahan-fatal-yang-kerap-dilakukan-pengemudi-mobil-matik-vPOeSTp0e3.jpg Ilustrasi mengendarai mobil matik. (Foto: Istock)

JAKARTA – Saat ini mobil bertransmisi matik sedang tren di pasar otomotif. Mobil matik dianggap lebih nyaman digunakan ketimbang mobil manual karena tidak perlu menginjak kopling.

Meski mudah dikendarai, mobil matik juga tidak kalah berisiko apabila tidak digunakan dengan hati-hati. Ada beberapa kelalaian yang kerap terjadi yang sering dilakukan pengguna mobil matik. Berikut kesalahan yang kerap dilakukan pengendara matik.

1. Salah injak pedal

Ketika mengalami hal yang tidak terduga, biasanya pengemudi matik akan panik dan menginjak pedal gas. Kesalahan semacam ini kerap terjadi pada pengendara yang baru saja belajar atau orang yang terbiasa mengendarai mobil matik dengan dua kaki.

2. Salah memasukan gigi

Kesalahan berikutnya yang kerap dialami pengguna motor matik adalah salah dalam memindahkan gigi. Pemindahan gigi mobil matik relatif lebih mudah dibandingkan dengan pengguna mobil manual. Hal inilah yang membuat pengemudi mobil matik salah memindahkan gigi.

Perpindahan gigi juga kerap terjadi karena tidak sengaja tersenggol. Oleh karena itu, pengguna mobil matik disarankan untk memastikan duduk di posisi yang benar agar terhindar dari kesalahan semacam ini.

Tidak masuk gigi netral ketika berhenti

Kesalahan berikutnya yang kerap terjadi adalah tidak memindahkan gigi ke posisi netral ketika sedang macet atau lampu merah. Memindahkan gigi ke posisi netral menghindarkan pengendara dari risiko kecelakaan,

Selain itu, memindahkan gigi pada posisi netral dapat menghindarkan keausan pada kampas rem mobil karena menginjak rem secara terus menerus.

(CDV)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini