Share

Jangan Asal Ubah, Begini Cara Memodifikasi Pelat Nomor Kendaraan yang Benar

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 02 November 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 02 86 2699522 jangan-asal-ubah-begini-cara-memodifikasi-pelat-nomor-kendaraan-yang-benar-23sHliD4om.png Ilustrasi pelat nomor kendaraan. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, perubahan warna untuk pelat nomor kendaraan baru atau yang baru diurus pajaknya menjadi perbincangan. Bagi Anda yang mendapatkan pelat nomor baru hendaknya mengerti cara mengganti atau modifikasi pelat nomor kendaraan yang baik dan benar agar tidak ditilang.

Sekadar informasi, fungsi dari pelat nomor kendaraan adalah untuk identifikasi kendaraan bermotor. Ketentuan penggunaannya pun telah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Oleh karena itu, pemasangan pelati kendaraan harus sesuai dengan tata cara yang berlaku mulai dari cara pembuatan dan pemasangan. Begitu juga dengan modifikasi pelat nomor juga harus sesuai dengan ketentuan agar tidak melanggar dan mendapat sanksi tilang.

Berikut tata cara modifikasi pelat nomor kendaraan yang dirangkum MNC Portal dari Lifepal pada Rabu (2/11/2022).

1. Modifikasi aksen cahaya

Pemilik kendaraan hanya boleh menambah aksen cahaya di sekitar pelat nomor dengan menggunakan lampu LED di sekeliling pelat nomor atau hanya di bagian atas.

Fungsi dari penambahan aksen cahaya adalah agar pelat nomor menyala saat berkendara di malam hari. Meski begitu, pemilik kendaraan dilarang memasang lampu LED yang berlebihan sehingga mengganggu pengendara lain saat melintas dari lawan arah.

2. Modifikasi tempat pelat nomor

Sebagaimana ponsel, pelat nomor juga dapat dipasang tempat agar pelat nomor lebih awet dan tidak mudah bengkok saat terkena benda keras.

Pemilik kendaraan bisa memodifikasi tempat pelat nomor dengan menggunakan kaca akrilik warna bening agar tidak mengubah warna pelat kendaraan.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Cat ulang pelat nomor

Jika warna pada pelat nomor pudar, pemilik kendaraan bisa mengecat ulang pelat nomor kendaraannya dengan warna yang sama dengan aslinya. Selain warna asli, pengguna kendaraan dilarang mengecat dengan warna di luar ketentuan.

4. Menggunakan stiker atau skotlet

Pemilik kendaraan juga dapat menggunakan stiker atau skotlet pada pelat nomor kendaraan. tujuan dari pemberian skotlet adalah untuk melapisi huruf dan angka. Stiker ini tidak boleh mengubah huruf dan angka pada pelat nomor kendaraan.

Biasanya, tujuan dari pemasangan stiker atau skotlet adalah agar mengeluarkan cahaya atau berpendar saat malam hari dan membuat tampilan pelat nomor menjadi lebih jelas terlihat.

Sekadar informasi, mengubah huruf dan nomor pada pelat dapat terancam sanksi karena kendaraan tersebut dicurigai sebagai hasil dari tindak kejahatan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini