Share

Perbedaan Spesifikasi Yamaha RX Spesial VS RX King, Motornya Raja Jalanan

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Selasa 08 November 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 08 53 2703226 perbedaan-spesifikasi-yamaha-rx-spesial-vs-rx-king-motornya-raja-jalanan-dSQMQ2AUoc.jpg Yamaha RX King. (Foto: dok.okezone)

JAKARTA – Meski sudah tidak diproduksi lagi, Yamaha RX King tetap punya penggemar fanatik. Motor yang sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1977 ini cukup diminati karena performanya yang tidak kalah dengan motor baru. Tidak heran Yamaha RX dijuluki sebagai raja jalanan.

Bahkan ada rumor dari Yamaha menyatakan motor ini bakal diproduksi lagi karena masih banyak peminat motor seken RX King di Indonesia. Meski demikian, spare part RX King masih tetap diproduksi karena masih banyak pembelinya.

Di Indonesia ada beberapa mobil RX King yang beredar berdasarkan tahun produksinya. Namun, banyak pecinta RX King yang mengetahui perbedaan RX King dan RX Spesial yang sama-sama pernah meluncur di Indonesia.

Karena, ada perbedaan yang cukup signifikan pada RX King 2009 dengan RX Spesial yang ada sejak tahun 1981 hingga 1993. RX Spesial didatangkan dalam kondisi built up, sementara RX King didatangkan hanya berupa boks mesin dan dirakit di Indonesia.

Dua tahun kemudian, Yamaha baru merilis RX King hingga tahun 2005. Sementara generasi kedua RX King diproduksi pada tahun 2006-2009.

Motor yang masuk kategori sport ini menggunakan half fairing yang membuat bagian kepala lampu nampak lebih klasik. Sementara itu, pada RX King, tampil lebih baru dengan desain tangki bensin berbentuk kotak.

RX King generasi kedua sudah dibekali dengan teknologi Air Induction System yang tidak terdapat pada RX Spesial dan RX King generasi pertama.

Secara mesin, RX Spesial yang hadir lebih dulu di Indonesia dibekali dengan mesin berkapasitas 115 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 15,2 hp pada putaran 8.500 rpm dengan torsi maksimal 13,2 Nm pada 8.000 rpm.

Sementara RX King yang merupakan generasi selanjutnya memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 132 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 18,2 hp pada putaran 9.000 rpm dengan torsi maksimal 15 Nm pada 8.000 rpm.

Dari segi bahan bakar, RX King generasi pertama dan kedua relatif lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan pendahulunya. Namun, dari segi tarikan saat dikendarai, RX King jauh lebih unggul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini