Share

Berikut Daftar PO dengan Armada Double Decker Terbanyak

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Sabtu 19 November 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 19 86 2710781 berikut-daftar-po-dengan-armada-doble-decker-terbanyak-dR2sMtvBQt.jpg Bus double decker. (Foto: dok.okezone)

JAKARTA – Salah satu cara Perusahaan Otobus (PO) menarik minat penumpang adalah memanjakan penumpang dengan inovasi baru seperti halnya bus double decker.

Meski bus double decker bukanlah hal baru dalam dunia bus, namun minat penumpang dan para bus mania pada bus tingkat dengan kelas premium.

Segala fasilitas yang tersedia di dalam bus tingkat ini menjadi pengalaman menyenangkan bagi para penumpang selama perjalanan.

Di Indonesia ada beberapa PO yang menyediakan layanan bus double decker. Berikut daftar PO bus yang memiliki bus double decker terbanyak.

1. Gunung Harta

PO yang identik dengan warna hijau ini baru saja menambah satu unit bus double decker. Bus ini dipajang di momen Busworld Sout East Asia di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Perusahaan yang saat ini memiliki lima bus double decker ini menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD yang dikawinkan dengan sasis premium Volvo B11R pada bus tingkat terbarunya. Bus tingkat terbaru ini diprakirakan bakal melayani rute Jakarta-Malang.

2. Agra Mas

PO Agra Mas juga tercatat sebagai penyedia bus double decker di Indonesia dan melayani di wilayah Jawa Tengah. Dua bus double decker yang dirilis oleh PO ini menggunakan sasis Scania K410 garapan Adiputro.

Dua bus sebelumnya tersebut dibeli pada 2016 akhir menggunakan sasis Mercedes-Benz dan dua berikutnya dibeli pada 2017 dengan sasis Scania. PO ini melayani rute Jakarta-Wonogiri dan Jakarta-Yogyakarta ini memiliki enam bus double decker.

3. Harapan Jaya

PO yang terkenal memiliki desain dan ciri khas warna oranye dan putih ini memiliki tujuh buah armada double decker untuk melayani rute-rute di Pulau Jawa.

Bus double decker ini memiliki beberapa kelas, seperti sleeper dan eksekutif dengan harga yang cukup kompetitif, yakni Rp490 ribu (sleeper) dan Rp270 ribu (eksekutif).

4. Lorena-Karina

Lorena dan Karina adalah dua PO yang berada di bawah naungan PT Eka Sari Lorena. PO Lorena dan Karina dikenal dengan rute kelas atas.

Jika digabung, jumlah bus double deker yang dimiliki adalah sebanyak 17 unit untuk mengantar bus ke berbagai tujuan di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur.

Kabarnya PO Lorena bakal menambah armada bus double decker dalam waktu dekat dan akan menjadi bus ke-18.

5. Rosalia Indah

PO yang memiliki jumlah bus double decker terbanyak adalah Rosalia Indah. Saat ini tercatat ada 25 unit bus double decker dan jauh meninggalkan para pesaingnya.

Dari 25 bus tingkat tersebut dibuat di perusahaan karoseri yang berbeda. Perusahaan bus yang bermarkas di Karanganyar, Jawa Tengah ini menghadirkan bus double decker pada 2019. Hingga tahun 2021, PO ini menambah hingga 21 unit bus double decker.

Jumlah bus double decker yang cukup banyak tersebut membuat PO ini mendapat penghargaan dari musium rekor Indonesia (MURI) sebagai PO AKAP yang memiliki Armada Double Decker Terbanyak dengan Pelayanan Pramugari-Pramugara.

Di tahun ini, PO ini menambah empat bus double decker lagi hingga menjadi 25 unit dan melayani ke berbagai daerah di Pulau Jawa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini