Share

Berpotensi Kebakaran, Kia Recall 27 Ribu Mobil Niro Hybrid

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Selasa 22 November 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 52 2712385 berpotensi-kebakaran-kia-recall-27-ribu-mobil-niro-hybrid-eafjrZaym5.JPG Kia Niro Hybrid. (Foto: Antara)

JAKARTA – Kia kembali menarik kendaraan (recall) 27 ribu unit Niro Hybrid produksi 2017-2018. Kendaran tersebut ditarik untuk kedua kalinya karena pada penarikan pertama belum diperbaiki dengan benar.

Adapun komponen yang masih perlu diperbaiki adalah powertrain hybrid yang berpotensi mengakibatkan kebakaran jika gagal beroperasi.

Alhasil, konsumen yang telah mengembalikan kendaraannya pada 2018 silam harus kembali membawa ke dealer untuk melihat kemungkinan perbaikan lainnya.

Dikutip dari laman Consumerreports, keputusan penarikan kendaraan diambil usai mendapat laporan ada beberapa kendaraan yang diperbaiki terbakar.

Selain itu, beberapa kasus didapati bahkan dealer tidak benar-benar memperbaiki kendaraan meski pemilik mobil telah menyampaikan keluhannya.

Kia mendapat laporan dealer terkait keluhan ada bau terbakar pada Niro Hybrid 2017. Berdasarkan laporan dealer, terdapat Power Relay Assembly (PRA) yang meleleh, namun kendaraan tersebut telah diperbarui berdasarkan penarikan sebelumnya.

Keluhan lainnya menyebutkan Kia Niro Hybrid 2017 tidak mau menyala karena PRA-nya meleleh. Padahal sebelumnya kendaraan sudah diperbaiki. Pada saat itu, pihak Kia mengaku telah memasang suku cadang yang salah.

Kepada pihak Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Kia mengungkapka bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran kecil yang terkait dengan masalah ini.

Kelima kasus tersebut ditemukan bahwa seharusnya ada penggantian suku cadang yang rusak dan harus diganti selama recall 2018 silam. Meski, berdasarkan catatan Kia menunjukkan bahwa suku cadang yang rusak telah diganti di dealer. Untungnya, peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan dokumen yang diberikan Kia kepada NHTSA, dealer diinstruksikan mengganti suku cadang yang rusak, mengambil foto perbaikan, dan mengirimkan foto tersebut kepada Kia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini