Share

Royal Enfield Bakal Ikut Berkompetisi di Pasar Motor Listrik pada 2024

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 23 November 2022 23:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 53 2713615 royal-enfield-bakal-ikut-berkompetisi-di-pasar-motor-listrik-pada-2024-BC8naARX8B.JPG Electric 01. (Foto: Autocar India)

JAKARTA – Memasuki era elektrifikasi, Royal Enfield terus mengembangkan konsep kendaraan listrik. Pabrikan asal India ini sudah banyak membuat penasaran lantaran terus menghadirkan mobil listrik.

Dikutip dari AutoCar India, Royal Enfield bakal merilis motor listrik pada 2024 dan diberi nama “Elektrik 01”. Nama tersebut bakal disematkan di bawah tangki bahan bakar.

Meski tidak sepenuhnya menggambarkan bodi motor namun, berdasarkan gambar yang dirilis menunjukkan beberapa detail yang cukup menarik, seperti halnya suspensi depan berbentuk garpu girder yang agak tidak biasa.

Selain itu, beberapa istilah seperti “non-conformis”, “game changer” dan “lone wolf’”, menunjukkan adanya kemungkinan produksi sepeda motor ini tetap menggunakan set-up girder fork.

Secara sekilas, motor ini memiliki gaya neo-vintage yang atraktif sebagaimana yang diketahui selama ini, Electrik01 akan menampilkan headlamp bulat dan tangki “bahan bakar” konvensional.

Royal Enfield diprakirakan bakal menempatkan motor listrik ini pada platform baru dengan dua tabung rangka yang muncul dari kedua sisi. Satu muncul dari tepi atas tangki bahan bakar dan yang lainnya mengalir ke bawah.

Pada tabung yang mengalir ke bawah menggendong baterai. Namun, terkait baterai, belum diketahui spesifikasi baterai yang digunakan.

Saat ini Royal Enfiel Electric01 masih dalam tahap Quality Function Development (QFD). QFD adalah untuk pengembangan produk berdasarkan masukan, kebutuhan, dan harapan pelanggan.

Meski masuk dalam kategori motor listrik, namun produsen memastikan bahwa produknya akan terus memboyong karakter dan DNA yang sama seperti semua motor Royal Enfield lainnya.

Selain itu, Royal Enfield juga sedang mengerjakan Himalayan model terbaru yang akan diperkenalkan ke pasar pada paruh kedua tahun 2023.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini